Kamis 16 Feb 2023 04:58 WIB

Liga Champions: Dortmund Tumbangkan Chelsea Lewat Gol Solo Adeyemi

Borussia Dortmund mengalahkan Chelsea 1-0 pada leg pertama 16 besar Liga Champions.

Penyerang Borussia Dortmund Karim Adeyemi saat menaklukkan Kepa untuk menjebol gawang Chelsea dalam pertandingan leg pertama babak 16 besar Liga Champions.
Foto: EPA-EFE/Friedemann Vogel
Penyerang Borussia Dortmund Karim Adeyemi saat menaklukkan Kepa untuk menjebol gawang Chelsea dalam pertandingan leg pertama babak 16 besar Liga Champions.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Chelsea harus pulang dengan kepala tertunduk dari markas Borussia Dortmund, Stadion SIgnal Iduna Park, dalam pertandingan leg pertama 16 besar Liga Champions. Chelsea menyerah 0-1 dari Dortmund pada Kamis (16/2/2023) dini hari WIB.

Chelsea sempat membobol gawang Dortmund pada menit ke-16 lewat Thiago Silva yang memanfaatkan tendangan bebas Reece James. Namun, gol dianulir wasit karena bek asal Brasil itu sempat menyentuh bola dengan tangannya.

Baca Juga

Dortmund membalas pada menit ke-27. Julian Brandt mengoper bola kepada Sebastien Haller yang bergerak di sisi kanan kotak penalti. Dia kemudian melepaskan tembakan, tetapi hanya mengenai sisi samping luar gawang Chelsea.

Joao Felix mendapatkan dua peluang pada menit ke-30 dan 32. Percobaaan pertamanya masih bisa ditangkap kiper Dortmund Gregor Kobel, sementara itu peluang keduanya di kotak penalti masih melambung tinggi.

Felix kembali memberikan ancaman untuk gawang Dortmund. Kerja sama dengan Kai Havertz, penyerang Portugal tersebut mengangkat bola melewati Kobel. Namun, tendangannya menerpa mistar gawang.

Tidak ada gol yang tercipta hingga babak pertama selesai. Skor tetap 0-0.

Chelsea menciptakan peluang pada menit ke-50. Tendangan Enzo Fernandez masih bisa diblok Emre Can. Empat menit kemudian giliran tendangan James di depan kotak penalti berhasil ditepis Kobel.

The Blues kebobolan pada menit ke-63 lewat situasi serangan balik. Saat mendapatkan sepak pojok, bendera offside terangkat atas upaya Chelsea menjebol gawang Dortmund. Namun wasit asal Spanyol Jesus Gil Manzano menyatakan permainan terus berlangsung.

Raphael Guerreiro yang menghalau bola mengarah kepada Karim Adeyemi. Adeyemi mengejar bola dari dalam di area pertahanannya sendiri untuk kemudian membawanya ke kotak penalti Chelsea. Setelah mengggiring bola hampir dua pertiga lapangan, ia melewati Kepa sebelum menjebol gawang the Blues.

Selepas gol ini, Chelsea berusaha merespons. Namun justru tuan rumah yang punya peluang untuk menambah gol. Chelsea punya satu peluang emas saat rekrutan baru Enzo Fernandez melepaskan tendangan dari luar kotak penalti. Bola menuju pojok atas gawang, tapi berhasil ditepis kiper Grebor Kobel. Hingga laga berakhir, skor bertahan 1-0.

Peluang Chelsea untuk lolos ke perempat final masih tetap terbuka. Syaratnya, tim asuhan Graham Potter harus menang dengan selisih dua gol saat menjamu Dortmund pada leg kedua di Stamford Bridge pada Rabu (8/2/2023) dini hari WIB.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement