Jumat 17 Feb 2023 07:06 WIB

Ten Hag: MU Seharusnya Bisa Cetak Empat Gol ke Gawang Barcelona

MU menciptakan lebih banyak peluang ke gawang Barcelona.

Rep: Reja Irfa Widodo/ Red: Israr Itah
 Pelatih kepala Manchester United Erik ten Hag
Foto: AP Photo/Jon Super
Pelatih kepala Manchester United Erik ten Hag

REPUBLIKA.CO.ID, BARCELONA -- Total empat gol tersaji saat Manchester United (MU) meladeni Barcelona pada leg pertama playof 16 besar Liga Europa, Jumat (17/2/2023) dini hari WIB. Kedua tim harus puas dengan skor imbang 2-2 dalam laga di Stadion Camp Nou tersebut. 

Menutup babak pertama dengan skor imbang tanpa gol, kedua tim saling bergantian mencetak gol pada babak kedua. Tim tuan rumah membuka keunggulan via gol tandukan Marcos Alonso pada menit ke-50. Namun, keunggulan ini hanya berselang dua menit.

Baca Juga

MU mampu menyamakan kedudukan lewat gol Marcus Rashford. Penyerang asal Inggris itu melepaskan sepakan dari sudut sempit di sebelah kiri gawang Blaugrana. Tim tamu justru bisa berbalik unggul saat bek Barcelona, Jules Kounde, salah mengantisipasi arah bola pada menit ke-59.

Namun, MU urung membawa pulang kemenangan di laga ini. Sebuah aksi Raphinha, yang melepaskan sepakan keras dari sisi kiri kotak penalti, mampu merobek gawang United pada menit ke-76. Gol itu sekaligus menjadi gol penutup di laga ini.

Kendati gagal membawa pulang kemenangan, pelatih MU Erik ten Hag mengaku terkesan dengan penampilan anak-anak asuhnya di laga ini. Meski berstatus sebagai tim tamu, Setan Merah mampu mengimbangi permainan tim Katalunya tersebut. Bahkan, dari segi ancaman ke gawang, MU jauh lebih unggul dibanding Blaugrana.

''Jika Anda bertandang ke markas pemuncak klasemen sementara Liga Spanyol, dan bisa tampil dominan, maka itu adalah hasi positif. Ini adalah pertemuan dua tim di level teratas. Dua tim juga menunjukan performa tinggi. Saya senang dengan performa tim ini menghadapi tim yang kuat,'' ujar Ten Hag seperti dikutip Sky Sports, Jumat (17/2/2023).

Berdasarkan catatan statistik, MU lebih unggul dalam upaya mencetak gol. Sama-sama mengemas 18 tembakan, Setan Merah mencatatkan delapan tembakan tepat ke arah gawang, dibanding Barcelona, yang hanya empat kali mengenai sasaran. Di titik ini, Ten Hag menilai, MU sebenarnya layak meraih kemenangan.

Penyelesaian akhir menjadi satu-satunya catatan minor United di laga ini. ''Kami seharusnya bisa meraih kemenangan di laga ini. Kritiknya, kami harus lebih klinis dan bisa menyelesaikan semua peluang. Kami menciptakan begitu banyak peluang, lebih dari yang kami harapkan. Setidaknya, kami mestinya bisa mencetak empat gol,'' kata pelatih asal Belanda tersebut.

Catatan ini sepertinya akan dibawa eks pelatih Ajax Amsterdam itu dalam mempersiapkan MU untuk melakoni leg kedua. Rencananya, Setan Merah akan menjamu Blaugrana di Stadion Old Trafford, Jumat (24/2/2023) dini hari WIB.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement