Jumat 17 Feb 2023 07:41 WIB

Juventus Ditahan Imbang Nantes, Allegri Soroti Konsistensi

Juventus bermain imbang 1-1 melawan Nantes di Turin.

Rep: Reja Irfa Widodo/ Red: Israr Itah
Laga Juventus vs Nantes di playoff Liga Europa.
Foto: Fabio Ferrari/LaPresse via AP
Laga Juventus vs Nantes di playoff Liga Europa.

REPUBLIKA.CO.ID, TURIN -- Laga di Stadion Allianz, Turin, baru berjalan 13 menit, Juventus sudah mampu mencetak gol ke gawang tamunya, Nantes, pada leg pertama laga playoff 16 besar Liga Europa, Jumat (17/2/2023) dini hari WIB. Namun, I Bianconeri urung memetik kemenangan di laga itu usai kebobolan pada menit ke-60.

Berawal dari umpan lambung terobosan yang dilepaskan Angel di Maria dari tengah lapangan, Federico Chiesa berhasil mengirimkan umpan ke dalam kotak penalti Nantes. Bola sodoran Chiesa itu langsung disambar Dusan Vlahovic dan membawa Juventus unggul pada menit ke-13.

Baca Juga

Namun, pada babak kedua, tim tamu mampu membalas. Nantes memanfaatkan sebuah serangan balik cepat pada menit ke-60. Serangan iti berujung pada keberhasilan Ludovic Bias merobek gawang Juventus setelah memanfaatkan umpan dari Mostafa Mohammed. Laga itu pun berakhir dengan skor imbang, 1-1.

Pelatih Juventus Massimiliano Allegri mengatakan, anak-anak asuhnya sebenarnya memulai laga ini dengan cukup baik. Kendati begitu, setelah mencetak gol cepat pada menit ke-13, para penggawa Juventus justru tidak mampu mempertahankan intensitas permainan. Nyonya Tua bisa kembali menunjukkan intensitas permainan yang tepat malah setelah Nantes mencetak gol penyeimbang.

"Kami seharusnya bisa lebih baik dalam mengalirkan bola. Setelah unggul, permainan kami seolah terhenti. Kami baru bisa kembali tampil dengan cukup baik setelah kebobolan. Kami mungkin memiliki peluang untuk bisa mengubah skor menjadi 2-1. Namun, kami harus bisa tampil konsisten dan mencetak gol, terutama di laga seperti ini,'' tutur Allegri seperti dikutip Football Italia, Jumat (17/2/2023).

Pelatih asal Italia itu merujuk pada dua peluang emas yang didapatkan Chiesa dan Di Maria pada babak kedua. Chiesa sempat melepaskan sepakan keras dari dalam kotak penalti. Namun, bola sepakan winger asal Italia itu hanya membentur mistar dan tiang gawang. Pun dengan eksekusi sepak pojok Di Maria, yang membentur mistar gawang.

Selain itu, Juventus juga sempat nyaris mendapatkan hadiah tendangan penalti pada masa injury time babak kedua. Wasit melakukan review VAR guna menilai dugaan handball salah satu pemain Nantes, Sebastian Corchia. Namun, wasit malah memberikan tendangan bebas buat Nantes lantaran menilai bek Juventus, Gleison Bremer, melakukan dorongan.

''Saya rasa, tidak ada gunanya buat kami untuk memprotes soal penalti atau kartu kuning kedua. Tidak ada guna meratapi susu yang sudah tumpah. Itu tidak akan membantu. Kini, kami harus mengamankan satu tiket di babak gugur saat tampil di Prancis,'' kata Allegri.

Dengan agregat 1-1, Juventus akan melakoni leg kedua playoff dengan melawat ke markas Nantes, Stadion Beaujoire, pada Jumat (24/2/2023) dini hari WIB. Pemenang di laga ini akan berhak mendapatkan satu tiket di babak 16 besar Liga Europa musim ini.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement