Jumat 17 Feb 2023 12:13 WIB

Mahfud MD Yakin Erick Thohir Piawai Urus PSSI dan tak Korupsi

Menurut Mahfud, pergantian pengurus PSSI sesuai rekomendasi TGIPF Tragedi Kanjuruhan.

Rep: Flori Anastasia Sidebang/Afrizal Rosikhul Ilmi/ Red: Israr Itah
Menkopolhukam Mahfud MD dan Ketua Umum PSSI Erick Thohir.
Foto: Republika/Muhyiddin
Menkopolhukam Mahfud MD dan Ketua Umum PSSI Erick Thohir.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud MD turut mengucapkan selamat atas terpilihnya Erick Thohir sebagai ketua umum Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) periode 2023-2027. Menurut Mahfud, Erick Thohir tak bakal membiarkan praktik curang dalam pertandingan sepak bola Indonesia.

"Kita yakini dia tidak akan korupsi dan tidak akan membiarkan terjadinya pasar gelap dalam pertandingan-pertandingan sepak bola kita," kata Mahfud kepada wartawan, Jumat (17/2/2023).

Baca Juga

Mahfud mengatakan, dirinya pun telah berdiskusi langsung dengan Erick Thohir membahas tentang sepak bola nasional. Bahkan, kata dia, berbagai pesan mengenai pembenahan sepak bola di Indonesia telah disampaikan kepada Erick Thohir melalui dokumen Tim Gabungan Pencari Fakta (TGIPF) Tragedi Kanjuruhan.

Menurut dia, Erick Thohir memiliki kemampuan untuk memimpin PSSI ke arah yang lebih baik. "Kita tahu Pak Erick Thohir adalah orang profesional di sepak bola, tidak mencari makan dari PSSI, tetapi punya kecintaan dan impian tentang kemajuan PSSI," ujar Mahfud yang merupakan ketua TGIPF Tragedi Kanjuruhan.

Mahfud mengungkapkan, terpilihnya Erick Thohir sebagai ketum PSSI melalui Kongres Luar Biasa (KLB) PSSI merupakan salah satu rekomendasi dari TGIPF. "Bahwa penggantian itu dilakukan melalui kongres luar biasa sudah jelas hal itu karena rekomendasi TGIPF agar pengurus PSSI diganti tanpa menunggu kongres biasa," kata dia.

Selain itu, mantan ketua Mahkamah Konstitusi ini mengatakan, semua rekomendasi TGIPF, termasuk penegakan hukum Tragedi Kanjuruhan, juga sudah dilakukan. Ia pun menilai wajar jika masih ada rekomendasi TGIPF yang belum dilaksanakan. Sebab, pelaksanaannya direalisasikan secara bertahap.

"Semua rekomendasi TGIPF sudah dilaksanakan, termasuk penegakan hukum, baik hukum tata pemerintahan maupun hukum pidana. Bahwa pelaksanaannya bertahap dan banyak yang belum selesai itu biasa saja," kata Mahfud.

"Kita harus ikut semua mekanisme yang telah diatur dan disepakati antara pemerintah, PSSI, dan FIFA. Kalau mau-maunya sendiri juga takkan bisa," ujar dia menjelaskan.

Sebelumnya, Menteri BUMN Erick Thohir terpilih dalam Kongres Luar Biasa (KLB) PSSI di Hotel Shangri-La, Jakarta, pada Kamis (16/2/2023), yang dimulai pukul 09.00 WIB.

Pria yang pernah menjabat sebagai presiden Inter Milan ini mengumpulkan 64 suara dari 86 voter yang berhak memilih pada KLB PSSI kali ini. Erick unggul 42 suara dari AA La Nyalla Mattalitti sebagai pesaing terdekat, yang mengumpulkan 22 suara. 

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Republika Online (@republikaonline)

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement