Selasa 21 Feb 2023 12:20 WIB

Ferdinand: Erik Ten Hag Buat Suasana di Markas MU Nyaman

Ferdinand melakukan nostalgia di Carrington dan melihat semuanya telah berubah baik.

Rep: Fitrianto/ Red: Gilang Akbar Prambadi
 Pelatih kepala Manchester United Erik ten Hag.
Foto: AP Photo/Rui Vieira
Pelatih kepala Manchester United Erik ten Hag.

REPUBLIKA.CO.ID, MANCHESTER -- Mantan pemain bertahan Manchester United, Rio Ferdinand, memberikan pujian kepada Erik ten Hag, yang telah membantu membuat perubahan positif yang dramatis di tempat latihan klub di Carrington. Bek tengah legendaris klub ini berfoto di Carrington --di mana ia pernah berlatih di bawah asuhan mantan manajer Sir Alex Ferguson selama masa kepelatihannya di klub tersebut dari tahun 2002 hingga 2014-- pada hari Selasa (21/2/2023). 

Ferdinand, yang memenangkan Liga Champions dan enam gelar Liga Primer Inggris bersama United, berada di Carrington sebagai pundit BT Sport untuk mewawancarai Bruno Fernandes menjelang pertandingan leg kedua Liga Europa United melawan Barcelona di Old Trafford pada hari Kamis, dengan skor imbang 2-2 setelah leg pertama di Nou Camp.

Baca Juga

Namun, Ferdinand tidak dapat menahan diri untuk melihat-lihat lagi keadaan di lapangan dan menegaskan bahwa ia telah merasakan perubahan besar yang positif di klub, yang mendekati satu dekade tanpa gelar sejak kepergian Ferguson.

"Suasana di Carrington dan Old Trafford telah berubah secara dramatis," ujarnya dalam acara YouTube-nya, FIVE.

"Suasana di tempat ini menjadi lebih positif. Kafetaria bahkan telah berubah. Sepertinya semuanya telah berubah. Terlihat berbeda, terasa berbeda, makanannya berbeda. Perasaan ketika Anda masuk, saya memiliki getaran yang sangat negatif [di masa lalu] ketika saya berjalan melalui koridor tempat latihan," kata dia. 

"Saya sendirian, berjalan kembali ke tempat latihan, melewati koridor, dan saya berdiri di sana dan hanya tersenyum. Saya dapat merasakan sesuatu yang terjadi di sini sekarang. Saya tidak tahu apa itu atau ke mana arahnya, tetapi suasananya sangat berbeda. Ada sebuah kepercayaan diri di tempat ini," ujar Ferdinand menambahkan.

Ia menilai, kepercayaan diri itu bukan hanya dari para pemain, tetapi juga dari para staf. Ia bisa merasakan sesuatu dengan para staf. Mereka, kata Ferdinand, lebih optimistis dan senang berada di tempat kerja setiap hari. 

"Dan itu semua dihasilkan dan diciptakan oleh Erik ten Hag dan tim manajemennya serta beberapa orang di belakang layar, karena tidak ada satu orang pun yang dapat mengubah seluruh budaya klub sepak bola - ini adalah pendekatan kolektif," kata dia.

Di bawah asuhan Ten Hag, United telah membuat peningkatan besar di lapangan, dengan klub saat ini berada di urutan ketiga di klasemen Liga Primer Inggris dan berpeluang besar untuk memenangkan gelar juara karena mereka membuntuti pemuncak klasemen Arsenal dengan selisih lima poin setelah memainkan satu pertandingan lebih banyak.

Selain itu mereka juga akan menghadapi final Piala Liga melawan Newcastle United pada akhir  pekan nanyi - di mana mereka dapat memenangkan trofi pertama mereka sejak 2017 - dan juga berada di putaran kelima Piala FA.

"Ini adalah jalur yang tepat saat ini dan mengingat mereka masih dalam perebutan empat trofi, bukan berarti saya pikir mereka akan memenangkan empat trofi. Senang rasanya bisa pergi ke Carrington dan Old Trafford dan merasa lebih optimis daripada negatif," ujar dia. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement