Kamis 23 Feb 2023 04:40 WIB

Besok, Timnas U-20 Terbang Menuju Uzbekistan

Indonesia tergabung dalam Grup A bersama tuan rumah Uzbekistan, Suriah dan Irak.

Rep: Afrizal Rosikhul Ilmi/ Red: Didi Purwadi
Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong setelah memimpin latihan Timnas U-20 di Stadion A Gelora Bung Karno, Jakarta, Jumat (3/2/2023).
Foto: Republika/Afrizal Rosikhul Ilmi
Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong setelah memimpin latihan Timnas U-20 di Stadion A Gelora Bung Karno, Jakarta, Jumat (3/2/2023).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Timnas Indonesia U-20  dijadwalkan akan terbang menuju Uzbekistan pada Jumat (24/2/2023). Garuda Nusantara akan mengikuti turnamen Piala Asia U-20 2023 pada 1-18 Maret mendatang.

Pelatih Timnas Indonesia U-20, Shin Tae Yong, mengakui skuadnya memang tidak memiliki banyak waktu. Karena itu, Arkhan Fikri dan kawan-kawan segera terbang menuju Uzbekistan selepas mengikuti uji coba turnamen mini di Jakarta pada 17-21 Februari.

‘’Timnas Indonesia U-20 akan terbang ke Uzbekistan pada 24 Maret 2023. Karena, waktunya sudah kurang dari sepekan (dari turnamen),’’ ujar STY, julukan Shin Tae Yong, selepas laga terakhir timnya di turnamen mini lawan Guatemala.

Skuad Shin Tae Yong tergabung dalam Grup A bersama tuan rumah Uzbekistan, Suriah dan Irak. Di laga pembuka grup, Garuda Nusantara akan menantang Irak pada 1 Maret 2023.

Baca juga : Tujuh Pemain Dicoret dari Timnas Indonesia U-20

Selang tiga hari kemudian, Timnas Indonesia U-20 akan menghadapi Suriah di Stadion Lokomotiv Tashkent pada Sabtu sore pukul 17.00 WIB. Di laga terakhir Grup A, skuad Merah Putih akan bertemu tuan rumah Uzbekistan di Stadion Istiqlol Fergana pada Selasa (7/2/2023) malam WIB.

Persiapan Timnas

Shin telah mempersiapkan Hokky Caraka Bintang Brilliant dan kawan-kawan sejak 1 Februari. Namun, pelatih asal Korea Selatan itu sempat merasa kesal di awal-awal pemusatan pelatihan (TC).

Dari 30 pemain yang dipanggil Shin, hanya 19 orang yang sudah bergabung hingga memasuki hari kedua TC pada 3 Februari 2023. Sementara, beberapa pemain Persija Jakarta dan Persib Bandung diketahui masih aktif membela klub masing-masing.

"Ada pemain Persija dan Persib belum dilepas ke timnas. Tadi siang dapat kabar dari Persib akan lepas pemain dan sudah dijanjikan juga. Tinggal Persija saja nanti,’’ kata Shin Tae-yong usai memimpin latihan di Lapangan A Gelora Bung Karno, Jakarta, Jumat (3/2/2023).

Baca juga : Dilepas Erick Thohir, Timnas Wanita Tahan Imbang Arab Saudi

Merasa Tersinggung

Shin pun mengaku tersinggung terhadap Marselino Ferdinan dan Ronaldo Kwateh. Dua pemain andalan Timnas Indonesia U-20 itu disebut tidak mengabari Shin terkait proses transfernya ke klub luar negeri.

‘’Saya agak sedikit tersinggung. Kedua pemain itu (Marselino dan Ronaldo) ke luar negeri tanpa ada laporan apa-apa, apalagi kami sedang mempersiapkan Piala Dunia dan AFC. Jadi, lumayan agak kacau juga jadwal dan rencana saya,’’ keluh pelatih yang membawa Korea Selatan menaklukan raksasa Jerman di Piala Dunia 2018.

Di persiapan terakhirnya, Kakang Rudianto dan kawan-kawan mengikuti turnamen mini U-20. Di laga pertama, Garuda Nusantara sukses membantai Fiji dengan skor telak 4-0. Namun, di dua laga terakhir, Timnas Indonesia U-20 dipaksa menyerah dari Selandia Baru (1-2) dan Guatemala (0-1).

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement