Kamis 23 Feb 2023 20:12 WIB

Ahli Gizi Al Nassr Ungkap Pengaruh Ronaldo ke dalam Tim

Ronaldo memberikan pengetahuan kepada pemain-pemain Al Nassr soal diet.

Rep: Rahmat Fajar/ Red: Israr Itah
 Pemain Al Nassr Cristiano Ronaldo
Foto: EPA-EFE/STR
Pemain Al Nassr Cristiano Ronaldo

REPUBLIKA.CO.ID, RIYADH -- Kedatangan Cristiano Ronaldo ke Al Nassr membawa dampak positif yang luar biasa. Ia tak hanya memengaruhi di lapangan pertandingan tetapi juga bagaimana tim bekerja dalam meningkatkan kebugaran dan pola makan.

Ahli gizi Al Nassr Jose Blesa kepada media Spanyol mengatakan setiap berinteraksi dengannya selalu ada pembelajaran yang didapatkan. Ia bicara tentang bagaimana cara dia diet dan mengatur waktu istirahat.

Baca Juga

"Dia memakai dua meteran istirahat: cincin dan gelang. Dia yang pertama tiba di pelatihan dan yang terakhir pergi. Berurusan dengannya sungguh luar biasa," ujarnya dilansir dari Talksport, Kamis (23/2/2023).

Ia mengeklaim Ronaldo banyak membantu pekerjaan dirinya di Al Nassr. Sebab Blesa tak perlu lagi mengajarinya. Ronaldo justru memberikan pelajaran kepada orang-orang yang ada di sekitarnya.

Pemain lain juga melakukan apa yang dikerjakan oleh Ronaldo. Sebab semua yang dikerjakan Ronaldo bagus untuk meningkatkan performa. Menurut Blesa, sejak Ronaldo di Al Nassr, semua pemain berlatih lebih intens dan mengikuti diet ketat.

"Saya belum pernah melihat klub seperti ini di mana para pemainnya meningkat hampir 90 persen dalam komposisi tubuh mereka setiap kali saya melihatnya: mereka memiliki lebih sedikit lemak, lebih banyak otot dan mereka melakukan semua latihan di ujung jari mereka. Merupakan suatu kemewahan untuk bekerja di sana," jelasnya.

Sebelumnya, pengaruh Ronaldo juga terjadi di Manchester United. Makanan Ronaldo selalu menjadi perhatian pemain lain. Hal tersebut diungkapkan oleh mantan kiper MU Lee Grant.

"Tidak ada satu pun pemain yang menyentuh remah apel dan custard, tidak ada satu pun pemain yang mengambil brownies itu. Semua orang duduk dan salah satu pemain berkata kepada saya, 'Apa yang Cristiano punya di piringnya?" kata Grant. 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement