Sabtu 25 Feb 2023 17:10 WIB

Di Laga Derbi Madrid Nanti, Vinicius Jadi Incaran Utama Gelandang Barbar Atletico Ini

Vinicius dinilai punya kecepatan yang ekstrim.

Rep: Reja Irfa Widodo/ Red: Gilang Akbar Prambadi
Real Madrid
Foto: AP Photo/Jon Super
Real Madrid

REPUBLIKA.CO.ID, MADRID -- Gelandang agresif Atletico Madrid, Marcos Llorente, menilai pergerakan dan kecepatan Vinicius Junior dapat menjadi salah satu ancaman terbesar buat Los Rojiblancos dalam laga Derby Madrid, Ahad (26/2/2023) dini hari WIB. Vinicius, ujar Llorente, dapat merusak keseimbangan permainan sebuah tim.

Rencananya, Los Rojiblancos akan bertandang ke markas seteru abadinya tersebut di Stadion Santiago Bernabeu pada jornada ke-23 La Liga. Ini menjadi Derby Madrid ketiga di semua ajang pada musim ini. Di edisi terakhir El Derbi Madrinelo, tepatnya di babak perempat final Copa del Rey, Los Rojiblancos harus mengakui keunggulan Madrid, 3-1.

Baca Juga

Kala itu, Vinicius menjadi pencetak gol terakhir Madrid di laga tersebut pada babak perpanjangan waktu. Gol Vinicius itu sekaligus memastikan kemenangan Madrid atas Atletico Madrid dan sukses mengantarkan Los Blancos melangkah ke babak semifinal Copa del Rey musim ini.

Llorente pun menilai, Vinicius dapat menjadi momok buat lini belakang El Atleti dalam lawatan ke Stadion Santiago Bernabeu tersebut. Terlebih, winger asal Brasil itu tengah berada dalam kondisi terbaik usai mencetak dua gol ke gawang Liverpool pada leg pertama babak 16 besar Liga Champions, tengah pekan ini.

''Dia bisa membuat tim lawan kehilangan keseimbangan permainan. Hal ini dilakukan Vinicius dengan mengandalkan kecepatannya. Apalagi, dia tengah berada dalam tren positif performa,'' kata Llorente kepada Marca, Sabtu (25/2/2023).

Kendati begitu, bukan berarti Los Rojiblancos tidak memiliki rencana untuk menghentikan pergerakan dan kecepatan Vinicius. Tampil solid dan fokus, terutama di lini belakang, dapat menjadi salah satu cara untuk meredam ketajaman Vinicius. Pun dengan upaya untuk mencegah Vinicius untuk melakukan duel satu lawan satu.

''Seperti halnya menghadapi pemain di levelnya, kami harus bisa fokus dan bertahan sebagai sebuah tim. Kami tidak boleh membiarkannya melakukan duel satu lawan satu. Dia memiliki kemampuan untuk menang dalam duel tersebut dan meninggalkan pemain yang menjaganya,'' ujar Llorente.

Secara khusus, gelandang asal Spanyol itu menyarankan, pemain yang diminta untuk melakukan penjagaan terhadap Vinicius adalah pemain yang juga memiliki kecepatan. ''Pada akhirnya, pemain yang menjaganya harus pemain bertahan yang cepat. Jika tidak, maka Anda akan kewalahan dalam menjaganya,'' tutur gelandang berusia 28 tahun tersebut.

Di skuad Los Rojiblancos saat ini, pelatih Diego Simeone setidaknya memiliki empat pemain yang bisa ditempatkan sebagai bek kanan yang nantinya berduel secara langsung dengan Vinicius, yang kerap ditempatkan sebagai winger kiri. Selain Nahuel Molina dan Matt Doherty, Simone juga bisa menurunkan Jose Maria Gimenez. Selain itu, Llorente juga dinilai memiliki kemampuan untuk tampil sebagai bek kanan, meski berposisi asli sebagai gelandang.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement