Sabtu 25 Feb 2023 19:24 WIB

Klopp Ternyata Sudah Memprediksi Liverpool akan Gontai Musim Ini

Sebanyak 21 pemain diketahui pernah menghuni ruang perawatan The Reds musim ini.

Rep: Reja Irfa Widodo/ Red: Gilang Akbar Prambadi
Juergen Klopp memberi isyarat di pinggir lapangan pada Liga Champions UEFA, babak 16 besar, pertandingan leg pertama antara Liverpool FC dan Real Madrid di Liverpool, Inggris, Rabu (22/2/2023) dini hari WIB.
Foto: EPA-EFE/Peter Powell
Juergen Klopp memberi isyarat di pinggir lapangan pada Liga Champions UEFA, babak 16 besar, pertandingan leg pertama antara Liverpool FC dan Real Madrid di Liverpool, Inggris, Rabu (22/2/2023) dini hari WIB.

REPUBLIKA.CO.ID, LIVERPOOL -- Liverpool mengakhiri musim lalu dengan dua raihan trofi, titel Piala FA dan gelar juara Piala Liga Inggris. Dua raihan trofi ini menjadi capaian The Reds usai mampu menjaga peluang meraih empat trofi hingga akhir musim lalu.

The Reds gagal memboyong titel Liga Champions usai menyerah, 0-1, dari Real Madrid dan tidak mampu menggeser Manchester City di puncak klasemen Liga Primer Inggris. Pada sepanjang musim lalu, Liverpool total tampil di 63 laga di semua ajang atau menjadi jumlah laga terbanyak yang bisa dilakoni sebuah tim asal Inggris dalam satu musim kompetisi.

Baca Juga

Namun, performa Liverpool musim ini jauh dari kata memuaskan. Virgil van Dijk dan kawan-kawan tidak bisa keluar dari jerat inkonsistensi performa. Mampu bangkit dengan torehan dua kemenangan beruntun, The Reds kembali menelan kekalahan kala dibekap Real Madrid, 2-5, di laga leg kedua babak 16 besar Liga Champions, tengah pekan ini.

Tidak hanya gagal mempertahankan titel Piala FA dan Piala Liga Inggris, Liverpool juga terlempar dari posisi empat besar klasemen sementara Liga Primer Inggris. Di pentas Liga Champions, The Reds dihadapkan tantangan berat saat melakoni laga leg kedua babak 16 besar di Stadion Santiago Bernabeu dengan kondisi tertinggal agregat, 2-5.

Pelatih Liverpool, Jurgen Klopp, ternyata sudah memperkirakan kesulitan yang bakal dihadapi anak-anak asuhnya pada musim ini. Klopp pun membeberkan sejumlah penyebab keterpurukan yang dialami The Reds pada musim ini. Salah satunya adalah gelaran Piala Dunia 2022, yang dihelat pada periode pertengahan musim.

''Saya tahu, kesulitan bisa menimpa kami dalam satu musim. Biasanya, pada awal musim, Anda tidak bisa memperkirakan kapan hal itu terjadi. Namun, pada tahun ini, saya sudah yakin, perjalanan kami tidak akan mulus karena beberapa sebab. Di antara semua itu, gelaran Piala Dunia menjadi salah satu penyebab utama,'' kata Klopp seperti dilansir Sky Sports, Sabtu (25/2/2023).

Tidak hanya soal gelaran Piala Dunia 2022, Klopp juga menyebut soal kerentanan para penggawa The Reds untuk mengalami cedera pada musim ini. Kondisi ini tidak terlepas dari padatnya jadwal yang dilakoni The Reds pada musim lalu. Berdasarkan catatan, sebanyak 21 pemain diketahui pernah menghuni ruang perawatan The Reds pada musim ini.

Pemain-pemain andalan, seperti Virgil van Dijk, Mohamed Salah, Roberto Firmino, Diogo Jota, Jordan Henderson, Thiago, hingga Fabinho, sempat mengalami cedera. Hingga kini, Liverpool juga masih belum bisa menurunkan Luis Diaz, yang masih dibekap cedera lutut.

''Bisa dikatakan, problem terbesar kami (pada musim ini) adalah cedera. Saat Anda tidak bisa mendapatkan momentum di atas lapangan, Anda harus menghadapi tantangan lain, terutama soal ritme pemain yang baru kembali dari cedera,'' ujar pelatih berusia 55 tahun tersebut.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement