Sabtu 25 Feb 2023 20:17 WIB

Mulai Sulit Jadi Pemain Inti, Guardiola Tegaskan Foden Tetap Menjadi Berlian Milik City

Riyad Mahrez semakin menjadi-jadi. Jack Grealish mulai sulit dihentikan.

Rep: Frederikus Bata/ Red: Gilang Akbar Prambadi
 Phil Foden dari Manchester City beraksi selama pertandingan sepak bola Piala Liga Inggris antara Manchester City dan Liverpool di stadion Etihad di Manchester, Inggris,  Jumat (23/12) dini hari WIB.
Foto: AP/Jon Super
Phil Foden dari Manchester City beraksi selama pertandingan sepak bola Piala Liga Inggris antara Manchester City dan Liverpool di stadion Etihad di Manchester, Inggris, Jumat (23/12) dini hari WIB.

REPUBLIKA.CO.ID, MANCHESTER -- Pelatih Manchester City, Pep Guardiola optimistis Phil Foden akan kembali menemukan performa terbaiknya. Pep mengetahui kualitas alami playmaker the Citizens itu.

Foden berjuang mengatasi cedera pergelangan kaki. Tepatnya setelah Piala Dunia 2022. Pesepak bola 22 tahun itu bagian skuad tim nasional Inggris yang bertempur di Qatar.

Baca Juga

Menurut Guardiola, Foden sempat memaksakan diri untuk terus berlaga. Namun pada titik tertentu, sang wonderkid merasa perlu beristirahat. Ini agar kakinya benar-benar kembali pulih seperti sedia kala.

"Kami memberinya waktu satu atau dua minggu libur agar dia tidak bermain, dan setelah itu, Riyad berada di momen terbaiknya dan Jack membuat langkah maju," kata mantan juru taktik Barcelona ini, dikutip dari laman resmi klub, Sabtu (25/2/2023).

Guardiola menggambarkan situasi apa adanya. Saat Foden sembuh, persaingan di lini penyerangan semakin ketat. Secara khusus di area winger.

Riyad Mahrez semakin menjadi-jadi. Jack Grealish mulai sulit dihentikan. Masih adakah tempat bagi Foden?

"Jika kamu bermaksud mengatakan saya tidak mempercayai Phil, lupakan saja. Phil adalah berlian kami," ujar Guardiola. 

Sang arsitek menegaskan, kubunya tetap melihat Foden sebagai salah satu yang bisa menjadi pembeda. Aset berharga City. Apalagi sosok bernomor punggung 47 itu mampu bermain di beberapa posisi.

Foden tak hanya piawai sebagai winger. Pemilik 22 caps timnas Inggris juga dapat ditempatkan di area gelandang serang. Ini tantangan baginya untuk mendapatkan tempatnya kembali.

Pep melihat dari sisi positif. Persaingan sehat antar pemain, bisa meningkatkan kualitas tim secara keseluruhan. Apalagi mereka butuh skuad yang dalam saat menjalani jadwal padat.

Beberapa jam lagi, the Citizens jumpa tuan rumah AFC Bournemouth dalam lanjutan Liga Primer Inggris musim 2022/23. Partai tersebut berlangsung di  Dean Court atau Vitality Stadium, Ahad (26/2/2023) dini hari WIB.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement