Selasa 28 Feb 2023 14:41 WIB

Chiellini Kagum Melihat Kondisi Fisik Thiago Silva yang Berusia 38 Tahun

Thiago Silva diyakini bisa bermain hingga usia 42 tahun di level atas.

Rep: Frederikus Bata/ Red: Gilang Akbar Prambadi
Chelsea
Foto: AP Photo/David Cliff
Chelsea

REPUBLIKA.CO.ID, LOS ANGELES -- Mantan kapten Juventus, Giorgio Chiellini berbicara tentang sepak terjang Thiago Silva. Keduanya sama-sama pemain gaek yang berperan sebagai bek tengah.

Kini Chiellini memperkuat Los Angeles FC di Major League Soccer (MLS). Mereka sedang mempersiapkan diri menuju musim baru. Di sela-sela persiapan, ia bertemu awak media.

Baca Juga

Hingga akhirnya ia menyinggung kondisi Silva. Chiellini memuji kiprah pria Brasil itu. Bahkan di usia 38 tahun eks Paris Saint Germain masih membela klub sekelas Chelsea.

The Blues tampil di Liga Primer Inggris. Sebuah kompetisi domestik dengan intensitas yang sangat tinggi. Ditambah lagi, kubu London Biru mentas di Liga Championns.

"Thiago, sungguh tidak dapat dipercaya. Oke anda bisa bermain sangat baik, tetapi untuk bermain di level atas itu mengejutkan saya," kata Chiellini, dikutip dari tribal football, Selasa (28/2/2023).

Chiellini merasa Silva lebih tua darinya. Namun pada faktanya, mereka sama-sama kelahiran tahun 1984. Chiellini lahir pada 14 Agustus, sementara Silva pada 22 September.

Apa pun itu, tak berlebihan apa yang diutarakan pemenang Piala Eropa 2020 tersebut. Ia merasa Silva pantas mendapat pujian. Pada saat yang sama, ia mengaku cedera parah membuatnya mengalami penurunan performa di usia senja.

"Saya mendapat cedera ACL pada usia 35 (tahun 2019), dan itu benar-benar mengubah tubuh saya. Setelah itu sulit untuk terus bermain di level ideal saya secara konsisten," ujar Chiellini.

Jebolan akademi Livorno ini memprediksi Silva bisa bermain hingga usia 41 atau 42. Namun itu semua tergantung dari situasi ke depan. Tentunya, andai eks AC Milan itu terhindar dari cedera parah, prediksi Chiello bisa menjadi kenyataan. 

Yuk koleksi buku bacaan berkualitas dari buku Republika ...
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement