Rabu 01 Mar 2023 16:52 WIB

Timnas Siap Lawan Irak, Ini Instruksi Khusus Shin Tae-yong kepada Skuad Garuda Muda

Shin juga berharap dukungan penuh dari warga Indonesia.

Rep: Afrizal Rosikhul Ilmi/ Red: Gilang Akbar Prambadi
Pelatih timnas Indonesia U-20 Shin Tae-yong.
Foto: Dok PSSI
Pelatih timnas Indonesia U-20 Shin Tae-yong.

REPUBLIKA.CO.ID, TASHKENT -- Pelatih Tim Indonesia U-20, Shin Tae-yong, memberikan instruksi khusus kepada para pemainnya untuk menghadapi Irak. Indonesia akan menghadapi Irak di Stadion Lokomotiv, Tashkent, Rabu (1/3/2023) malam mulai pukul 19.00 WIB, dan disiarkan langsung RCTI.

Ini merupakan laga perdana bagi kedua tim di Grup A Piala AFC U-20 2023. Di atas kertas, Irak lebih diunggulkan dalam laga tersebut. Namun, Shin Tae-yong sudah menyiapkan taktik khusus untuk membendung kekuatan lawan. Hal itu diungkapkan oleh kapten Timnas Indonesia U-20 Muhammad Ferarri.

Baca Juga

"Kami ada instruksi khusus yang diberikan oleh coach Shin Tae-yong. Dan kami dari pemain hanya ingin fokus saja untuk pertandingan nanti," kata Ferarri dikutip dari laman resmi PSSI, Rabu (1/3/2023).

Ferarri memahami bahwa skuad Garuda Muda tidak diunggulkan jika melihat dari statistik pertemuan kedua tim. Indonesia U-19 tercatat sudah tiga kali bertemu dengan Irak di kejuaraan ini. Namun, tim Merah Putih belum pernah sekali pun menaklukkan Irak. Tercatat, tiga pertemuan itu berakhir dengan dua kemenangan Irak dan satu kali imbang.

Kendati demikian, tim asuhan Shin Tae-yong tetap mempunyai peluang. Dengan persiapan tim melalui pemusatan latihan (TC) sejak awal Februari kemarin, termasuk laga uji coba internasional dalam turnamen mini melawan tiga tim yang sudah lolos ke Piala Dunia U-20 2023 seperti Fiji, Selandia Baru dan Guatemala, Muhammad Ferarri dkk seharusnya lebih percaya diri.

Ferarri berharap dia dan rekan-rekannya bisa memberikan penampilan terbaik, meski laga kontra Irak dia prediksi tidak akan mudah untuk Indonesia. "Insya Allah kami akan memberikan yang terbaik, karena pertandingan pertama mungkin akan berat," ujarnya.

Ferarri juga mengharapkan dukungan dari para suporter agar Timnas Indonesia U-20 bisa tampil maksimal dan mendapatkan hasil terbaik di Piala AFC U-20 2023. "Harapan saya sebagai pemain untuk penonton bisa terus support kami yang ada di AFC untuk turnamen U-20 ini. Tetap dukung dan berikan semangat," kata pemain asal Persija Jakarta tersebut.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement