Rabu 01 Mar 2023 19:58 WIB

Livescore Piala Asia U-20: Indonesia Tertinggal 0-1 dari Irak pada Babak Pertama

Hayder Abdulkareem menjebol gawang timnas Indonesia U-20 pada babak pertama.

Rep: Afrizal Rosikhul Ilmi/ Red: Israr Itah
Piala Asia U-20.
Foto: AFC
Piala Asia U-20.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Timnas Indonesia U-20 tertinggal lebih dulu saat menghadapi Irak pada laga perdana Grup A Piala Asia U-20 2023 di Stadion Lokomotiv, Uzbekistan, Rabu (1/3/2023) malam WIB. Meski tertinggal 0-1, tim asuhan Shin Tae-menampilkan penampilan menjanjikan sepanjang babak pertama.

Irak mengambil inisiatif serangan ke lini pertahanan di menit-menit awal pertandingan. Namun Arkhan Fikri berhasil merebut penguasaan bola dan mencoba melancarkan serangan balik. Sayangnya, belum ada ancaman berarti.

Baca Juga

Tak butuh waktu lama, serangan Irak kembali mengancam pertahanan Indonesia. Tim berjuluk Singa Mesopotamia mendapatkan peluang dari tendangan sudut. Namun Daffa berhasil memenangkan duel udara untjk merebut penguasaan bola di depan gawang. 

Hokky Caraka mendapatkan peluang terbaik di menit kelima saat Ronaldo memimpin serangan balik cepat ke lini pertahanan Irak. Ronaldo yang berlari di sisi kanan berhasil memberikan umpan terobosan kepada Hokky. Sayang, sepakan Hokky masih mengarah tepat ke kiper sehingga berhasil ditepis oleh Hussein. 

Daffa melakukan penyelamatan penting di menit ke-17 dari tendangan setengah voli dari Ali Jasim saat Irak melakukan serangan balik. Ali berada dalam posisi yang diuntungkan dari umpan jauh pemain belakang Turki yang sempat membentur pemain Indonesia. Beruntung sepakan jarak jauh Ali mampu ditepis oleh Daffa.

Bola mengalir dari satu sisi ke sisi lainnya. Kedua tim saling jual beli serangan sejak menit awal tanpa banyak berhenti karena pelanggaran atau bola keluar. Kombinasi serangan yang apik ditunjukkan Ronaldo dan Hokky di menit ke-15. Hokky mendapatkan ruang tembak di depan kotak penalti, tapi tendangan placing-nya masih meleset dari sasaran.

Sejurus kemudian, penyelamatan lainnya dilakukan Daffa saat Charbel Awni menemukan ruang terbuka saat ia terlepas dari penjagaan Dony Tri di sisi kanan serangan. Ia langsung melepaskan tembakan ke tiang jauh tapi berhasil ditepis keluar dan hanya menghasilkan tendangan sudut.

Pada menit ke-20, giliran Ronaldo yang gagal memaksimalkan peluang di depan gawang saat menerima umpan silang dari Hokky di sisi kanan serangan. Sontekan Ronaldo masih bisa ditepis Hussein. Tanpa nutuh waktu lama, serangan balik dari Irak juga membahayakan gawang Indonesia. Beruntung tembakan Abbas dari sisi kiri berhasil diamankan Daffa.

Pemain belakang Indonesia kehilangan konsentrasi di menit ke-28. Sapuan Ferrari di kotak penalti justru lebih dekat kepada Abdulkareem yang lolos dari penjagaan Dzaky Asraf. Abdulkareem dengan mudah menyontek bole ke tiang jauh Indonesia yang gagal dijangkau oleh Daffa. Skor sementara 1-0 untuk Irak. 

Indonesia hampir menyamakan kedudukan setelah situasi tendangan sudut saat Arkhan menerima operan dari pojok kemudian melepaskan terobosan ke sisi kiri serangan kepada Sulthan Zaky yang kemudian ditarik lagi ke tengah lalu disambut dengan tandukan oleh Kakang. Tapi itu masih meleset tipis di sisi kanan gawang. 

Charbel dihukum kartu merah langsung oleh wasit saat melanggar Arkhan Fikri di menit 45+2. Charbel dianggap menyikut Arkhan dengan sengaja saat Irak melakukan serangan balik cepat. Keunggulan jumlah pemain diharapkan bisa memberikan keuntungan di babak kedua bagi Indonesia. 

Daftar Susunan Pemain Indonesia U-20 vs Irak U-20:

Indonesia U-20 (3-2-4-1)

Daffa Fasya (kiper); Kakang Rudianto, Muhammad Ferrari, Sulthan Zaky; Dzaky Asraf, Dony Tri; Arkhan Fikri, Ronaldo Kwateh, Achmad Maulana Syarif, Alfriyanto Nico; Hokky Caraka. 

Pelatih: Shin Tae-yong 

Irak U-20 (3-4-3)

Hussein Hasan (kiper); Khadim Raad, Adam Talib, Muslim Mousa; Andulrazzaq, Abbas Majid, Ali Jasim, Hayder Abdulkareem; Abbas Fadhil, Sajjad Mohammed, Charbel Awni.

Pelatih: Emad Mohammed

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement