Jumat 03 Mar 2023 08:26 WIB

Klasemen Sementara Grup A Piala Asia U-20, Timnas Indonesia Jadi Juru Kunci

Suriah berhak menempati peringkat ketiga melalui nilai kedisiplinan.

Rep: Afrizal Rosikhul Ilmi/ Red: Endro Yuwanto
Para pemain timnas U-20 Indonesia berfoto bersama jelang laga di Piala Asia U-20 di Stadion Lokomotiv, Tashkent, Uzbekistan, Rabu (1/3/2023).
Foto: ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan
Para pemain timnas U-20 Indonesia berfoto bersama jelang laga di Piala Asia U-20 di Stadion Lokomotiv, Tashkent, Uzbekistan, Rabu (1/3/2023).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Timnas Indonesia U-20 menempati dasar klasemen sementara Grup A Piala Asia U-20 2023. Hal itu tak lepas dari perolehan hasil negatif di laga perdana saat melawan Irak. Indonesia takluk 0-2.

Adapun Suriah yang juga kalah 0-2 dari Uzbekistan berhak menempati peringkat ketiga melalui nilai kedisiplinan.

Baca Juga

Tim asuhan Shin Tae-yong sejatinya mampu memberikan perlawanan sengit di babak pertama, meskipun pada akhirnya tertinggal 0-1 saat turun minum. Namun, Muhammad Ferarri dkk malah gagal memaksimalkan keunggulan jumlah pemain di sepanjang babak kedua setelah Charbel Shamoon diganjar kartu merah langsung oleh wasit.

Pertandingan antara kedua tim memang berlangsung sengit dengan beberapa kartu dikeluarkan oleh wasit. Irak menerima satu kartu kuning dan satu kartu merah, sementara Indonesia menerima tiga kartu kuning. Jumlah kartu yang diterima oleh skuad Garuda Muda inilah yang membuat skuad Garuda tersungkur di dasar klasemen.

Di partai berbeda, tim tuan rumah, Uzbekistan berhasil meraih hasil positif dengan kemenangan 2-0 atas Suriah. Dengan perolehan poin yang sama dan selisih gol yang identik, maka penentuan klasemen berlanjut pada nilai kedisiplinan lantaran belum bisa dihadapkan dengan aturan head to head.

Uzbekistan menerima dua kartu kuning selama pertandingan melawan Suriah, sementara Suriah hanya mendapatkan satu kartu kuning. Sebagai informasi, satu kartu kuning mempunyai nilai minus satu sementara satu kartu merah bernilai minus tiga.

Dengan begitu, saat ini Uzbekistan berhak memimpin klasemen di atas Irak karena mempunyai minus lebih sedikit. Sementara Suriah mempunyai minus lebih sedikit dibandingkan Indonesia.

Berikut klasemen sementara Grup A Piala Asia U-20 2023:

1. Uzbekistan (tiga poin)

2. Irak (tiga poin)

3. Suriah (nol poin)

4. Indonesia (nol poin).

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement