Sabtu 04 Mar 2023 06:17 WIB

Vecino Hentikan 8 Kemenangan Beruntun Napoli

Gol Matias Vecino membawa Lazio mengalahkan Napoli 1-0.

Gelandang Lazio, Matias Vecino (kanan) mencetak gol ke gawang Napoli dalam pertandingan sepak bola Serie A Liga Italia di Stadion Diego Armando Maradona, Napoli, Sabtu (4/3/2023) dini hari WIB.
Foto: EPA-EFE/CIRO FUSCO
Gelandang Lazio, Matias Vecino (kanan) mencetak gol ke gawang Napoli dalam pertandingan sepak bola Serie A Liga Italia di Stadion Diego Armando Maradona, Napoli, Sabtu (4/3/2023) dini hari WIB.

REPUBLIKA.CO.ID, NAPLES -- Gol dari gelandang Matias Vecino pada babak kedua membawa Lazio menang 1-0 atas Napoli di Serie A pada Sabtu (4/3/2023) dini hari WIB. Hasil ini mengakhiri rentetan kemenangan beruntun sang pemuncak klasemen dalam delapan pertandingan.

Lazio, yang mencatatkan tiga kemenangan liga secara beruntun untuk pertama kalinya sejak Oktober, untuk sementara naik dua peringkat ke posisi dua klasemen dengan 48 poin, satu poin di atas Inter Milan yang berada di posisi tiga dan AC Milan di posisi empat, keduanya masih menyimpan satu pertandingan.

Baca Juga

Pemuncak klasemen sementara Napoli, dengan 65 poin, baru saja mengalami kekalahan kedua di liga musim ini setelah mereka takluk pada laga tandang dari Inter pada Januari lalu.

"Kami harus meyakinkan para pemain bahwa mereka bisa datang ke sini dan mendapatkan hasil, dan itu sangat penting," ujar pelatih Lazio, Maurizio Sarri, dalam konferensi pers. "Jika Anda membaca angka-angka Napoli di kandang, menjadi sulit untuk berpikir bahwa Anda bisa menang. Tim Napoli ini akan memenangkan (gelar) dan saya sangat iri. (Pelatih Luciano) Spalletti sangat fenomenal."

Lazio seharusnya dapat memimpin pada menit kelima, tapi sundulan jarak dekat Vecino berhasil dihalau dengan gemilang oleh pemain bertahan Napoli, Giovanni Di Lorenzo, yang menyundul bola ke atas mistar gawang.

Meskipun Napoli memiliki lebih banyak penguasaan bola pada babak pertama, peluang Vecino merupakan yang paling dekat dengan gawang kedua tim dan pertandingan masih tanpa gol saat turun minum.

Gelandang Napoli, Piotr Zielinski, seharusnya dapat membawa tuan rumah unggul sebelum babak pertama berakhir, ketika ia menerima umpan matang dari Victor Osimhen di depan kotak penalti. Namun tendangan mendatarnya - meskipun sangat keras - gagal menemui sasaran.

Lazio akhirnya memimpin dan memastikan kemenangan pada menit ke-67 melalui Vecino, yang menyambut bola yang dihalau oleh pemain sayap Napoli, Khvicha Kvaratskhelia. Ia melepaskan tendangan first-time yang menakjubkan dari jarak jauh dan masuk ke dalam tiang kiri gawang.

Napoli berusaha keras untuk menyamakan kedudukan pada 15 menit terakhir. Meski memiliki banyak peluang pada menit-menit akhir, termasuk sundulan Osimhen yang membentur tiang gawang, mereka tidak mampu menyelamatkan setidaknya satu poin pun.

Napoli tidak terkalahkan dalam tujuh pertandingan kandang Serie A sebelumnya melawan Lazio (menang enam, imbang satu), dengan kekalahan terakhir mereka terjadi pada Mei 2015, di bawah asuhan Rafael Benitez.

"Hasil imbang adalah hal yang benar dan adil. Beberapa kali kami tidak puas dengan hasil imbang dan kami menang, malam ini berjalan buruk dan kami menerimanya," ujar Spalletti.

Mereka selanjutnya akan menjamu tim peringkat enam, Atalanta, pada 11 Maret sebelum menghadapi Eintracht Frankfurt pada leg kedua babak 16 besar Liga Champions pada 15 Maret, yang akan mereka hadapi dengan keunggulan dua gol dari pertandingan pertama.

Lazio akan menjamu AZ Alkmaar di Europa Conference League pada hari Selasa sebelum bertandang ke Bologna di Serie A pada 11 Maret.

sumber : Reuters
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement