Senin 06 Mar 2023 00:31 WIB

Bekap Valencia, Barcelona Menjauh dari Kejaran Madrid

Barcelona menang tipis 1-0 atas Valencia.

Rep: Reja Irfa Widodo/ Red: Bayu Hermawan
Pemain FC Barcelona Raphinha (kanan) melakukan selebrasi setelah mencetak gol keunggulan 1-0 selama pertandingan sepak bola LaLiga Spanyol antara FC Barcelona dan Valencia FC, di Barcelona, Spanyol, 05 Maret 2023.
Foto: EPA-EFE/Alejandro Garcia
Pemain FC Barcelona Raphinha (kanan) melakukan selebrasi setelah mencetak gol keunggulan 1-0 selama pertandingan sepak bola LaLiga Spanyol antara FC Barcelona dan Valencia FC, di Barcelona, Spanyol, 05 Maret 2023.

REPUBLIKA.CO.ID, BARCELONA -- Barcelona sukses menjauh dari kejaran Real Madrid dalam perebutan posisi puncak klasemen sementara La Liga. Menjamu Valencia di Stadion Camp Nou, Barcelona sukses menutup laga dengan kemenangan tipis, 1-0, Senin (6/3/2023) dini hari WIB.

Gol kemenangan Blaugrana dalam laga pada jornada ke-24 La Liga ini dicetak oleh Raphinha pada menit ke-16. Tambahan tiga angka di laga ini membawa Blaugrana unggul 10 poin dari Real Madrid, yang berada di peringkat kedua. Barcelona mengemas 62 poin dari 24 laga.

Baca Juga

Namun, Real Madrid masih memiliki kesempatan memangkas jarak poin ini apabila bisa membungkam Real Betis di laga pada jornada ke-24 lainnya, Senin (6/3/2023) dini hari WIB. Sementara but tim tamu, kegagalan memetik poin di laga ini membuat Los Che kian terpuruk zona degradasi dan duduk di peringkat ke-19 klasemen sementara La Liga

Jalannya Pertandingan

Gol Raphinha pada menit ke-16 menjadi satu-satunya gol pada babak pertama. Winger asal Brasil itu sukses menanduk bola hasil umpan lambung yang dilepaskan Sergi Busquets. Ini menjadi gol keenam eks winger Leeds United itu sejak direkrut Blaugrana pada awal musim ini.

Tampil di depan pendukung sendiri di Stadion Camp Nou, Barcelona tampil dengan identitas permainannya, mengendalikan permainan via penguasaan bola. Los Che, julukan Valencia, berusaha mematahkan dominasi tim tuan rumah dengan penampilan agresif.

Begitu pula dengan upaya tim besutan Ruben Baraja itu untuk mencetak gol balasan via serangan balik cepat. Namun, tim tuan rumah terbukti masih terlalu tangguh dan berhasil mempertahankan keunggulan hingga akhir babak pertama.

Babak kedua baru berjalan lima menit, Blaugrana sudah memiliki peluang emas untuk bisa menebalkan keunggulan. Wasit memberikan hadiah penalti buat tim tuan rumah usai salah satu pemain bertahan Valencia kedapatan melakukan handball. Namun, peluang ini terbuang percuma.

Ferran Torres, yang ditunjuk sebagai algojo gagal memanfaatkan tendangan penalti tersebut. Mengarahkan bola ke pojok kanan bawah gawang Valencia, sepakan mantan pemain Manchester City itu malah melebar di sisi kanan gawang Valencia. 

Hanya berselang kurang dari satu menit dari kegagalan Torres tersebut, giliran Ansu Fati yang mendapatkan peluang via sepakan dari sisi kiri kotak penalti. Beruntung buat tim tamu, sepakan winger asal Spanyol itu masih membentur mistar gawang. 

Namun, Barcelona harus bermain dengan 10 pemain pada menit ke-59. Tekel keras Ronald Araujo kepada Hugo Duro berbuah kartu merah buat bek tengah Barcelona tersebut. Kehilangan satu pemain di lini beakang, pelatih Barcelona, Xavi Hernandez, langsung melakukan pergantian pemain dengan memasukan Marcos Alonso, yang menggantikan Ansu Fati.

Keunggulan jumlah pemain ini tidak bisa dimanfaatkan oleh Los Che. Meski mampu menguasai permainan di lapangan tengah, para penggawa Los Che masih kesulitan saat berusaha mengalirkan bola ke sepertiga akhir lapangan dan wilayah pertahanan Barcelona.

Hingga laga memasuki masa injury time, Valencia bahkan belum mencatatkan tembakan tepat ke arah gawang. Meski tampil dengan 10 pemain, Barcelona terbukti masih mampu meredam permainan Los Che. Papan skor pun tidak berubah hingga laga usai.

Susunan Pemain:

Barcelona (4-3-3)

Ter Stegen (PG); Kounde, Araujo, Christensen, Balde; Roberto, Busquets, De Jong; Raphinha, Torres, Fati

Pelatih: Xavi Hernandez

Valencia (4-5-1)

Mamardashivili (PG); Vazquez, Ozkacar, Comert, Foulquier; Lino, Almeida, Guillamon, Moriba, Correira; Duro

Pelatih: Ruben Baraja

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement