Senin 06 Mar 2023 05:00 WIB

Mancini Jadi Pahlawan Kemenangan AS Roma Atas Juventus

AS Roma berhasil mengalahkan Juventus dengan skor 1-0.

Rep: Reja Irfa Widodo/ Red: Bayu Hermawan
Pemain AS Roma Gianluca Mancini merayakan gol kemenangan saat melawan Juventus pada pertandingan di Stadion Olimpico, Roma, Senin (6/3) dini hari WIB.
Foto: EPA-EFE/Riccardo Antimiani
Pemain AS Roma Gianluca Mancini merayakan gol kemenangan saat melawan Juventus pada pertandingan di Stadion Olimpico, Roma, Senin (6/3) dini hari WIB.

REPUBLIKA.CO.ID, ROMA -- Rentetan tujuh laga tanpa kekalahan, termasuk kemenangan beruntun di empat  laga terakhir di Serie A, milik Juventus harus berakhir di markas AS Roma. Dalam lawatan ke Stadion Olimpico pada giornata ke-25 Serie A tersebut, Juventus menyerah, 0-1, dari tim tuan rumah, Selasa (6/3/2023) dini hari WIB.

Tim besutan Massimiliano Allegri itu menyerah lewat gol semata wayang Gianluca Mancini pada awal babak kedua. Ini menjadi kekalahan perdana I Bianconeri usai mencatatkan rekor tidak terkalahkan di tujuh laga terakhir di semua ajang.

Baca Juga

Pun dengan kekalahan perdana Si Nyonya Tua setelah memetik kemenangan di empat laga terakhir Serie A. Tidak hanya itu, kegagalan memetik poin di laga ini membuat I Bianconeri masih terpaku di peringkat kedelapan klasemen sementara Serie A. Dengan koleksi 35 poin dari 25 laga, Juventus masih terpaut 12 poin dari posisi empat besar Liga Italia.

Di sisi lain, kemenangan ini terbukti menjadi torehan krusial buat I Giallorossi. Tidak hanya kembali ke jalur kemenangan usai dibekap Cremonense, 1-2, akhir pekan lalu, tim besutan Jose Mourinho itu juga berhasil merangsek ke peringkat keempat klasemen sementara.

Tambahan tiga angka di laga ini membawa Roma menggeser AC Milan di peringkat keempat klasemen sementara. Meski memiliki koleksi poin yang sama dengan AC Milan, 47 poin, Roma masih unggul jumlah selisih gol atas I Rossoneri, yang harus puas mengakhiri giornata ke-25 di peringkat kelima.

Jalannya Pertandingan

Kedua tim langsung menampilkan permainan terbuka saat laga di Stadion Olimpico tersebut dimulai. Roma selaku tim tuan rumah tampil begitu agresif dan menekan pada awal babak pertama. Peluang emas pun didapatkan Roma via sepakan keras Paulo Dybala dari luar kotak penalti.

Namun, penjaga gawang Juventus, Wojciech Szczesny, berhasil menghalau tendangan mantan rekan setimnya tersebt. Menghadapi tekanan dan agresivitas I Giallorossi, Juventus mencoba tampil tenang. Secara perlahan, Si Nyonya Tua pun mampu mulai mengendalikan permainan.

Si Nyonya Tua akhirnya mendapatkan peluang emas pada menit ke-40. Sebuah umpan lambung dari Juan Cuadrado, yang diarahkan ke tiang jauh, mampu disambut oleh Adrien Rabiot dengan sundulan. Kendati begitu, bola hasil sundulan gelandang asal Prancis itu masih membentur tiang gawang.

Kedua tim terlihat masih sama kuat dan cukup berimbang pada sepanjang babak pertama. Baik Juventus dan AS Roma sama-sama mencatatkan tiga upaya untuk mencetak gol. Babak pertama akhirnya berujung tanpa ada satu pun gol tercipta.

Situasi pertandingan tidak banyak berubah pada awal babak kedua. Baik AS Roma dan Juventus sama-sama masih kesulitan untuk bisa membongkar pertahanan lawan. Kebuntuan akhirnya pecah pada menit ke-53. Adalah tim tuan rumah yang mencetak gol pertama di laga ini.

Roma mencatatkan keunggulan via gol sepakan jarak jauh Gianluca Mancini. Menerima operan Bryan Cristante di sisi kanan depan kotak penalti, Mancini melepaskan sepakan keras kaki kanan. Bola pun bersarang mulus di sebelah kanan gawang I Bianconeri. Szczesny gagal mengantisipasi arah datangnya bola.

Lima menit berselang pasca gol Mancini, Juventus memiliki kesempatan untuk menyamakan kedudukan. Juan Cuadrado mengeksekusi tendangan bebas tepat di sisi kiri pertahanan Roma. Namun, bola sepakan eks winger Fiorentina itu masih membentur tiang gawang.

I Giallorossi nyaris menggandakan keunggulan. Chris Smalling sukses menanduk bola dari sudut sempit di pojok kanan gawang Juventus. Szczesny berada di posisi yang tepat untuk menghalau bola hasil tandukan mantan bek tengah Manchester United tersebut.

Giliran Juventus mendapatkan peluang via sepakan keras Angel Di Maria dari luar kotak penalti. Kiper Roma, Rui Patricio, sukses menepis bola hasil tendangan winger asal Argentina tersebut dan hanya menghasilkan tendangan penjuru buat I Bianconeri.

Keberuntungan sepertinya menaungi I Giallorossi di laga ini. Upaya para penggawa Juventus usai memanfaatkan sepak pojok kembali membentur tiang gawang. Untuk ketiga kalinya hingga laga menginjak menit ke-82, upaya Si Nyonya Tua mencetak gol ke gawang Roma digagalkan tiang gawang.

Pada menit terakhir waktu normal, Juventus harus bermain dengan 10 pemain. Moise Kean, yang baru masuk sebagai pemain pengganti, mendapatkan kartu merah. Penyerang asal Italia itu kedapatan menendang kaki Mancini usai duel perebutan bola. Aksi ini jelas kontraproduktif dengan upaya I Bianconeri untuk bisa mencetak gol balasan.

Hingga laga usai, termasuk tujuh menit masa injury time babak kedua, Juventus gagal mencetak gol balasan dan menyamakan kedudukan. I Bianconeri akhirnya harus puas pulang dengan tangan hampa dari lawatan ke Stadion Olimpico, Roma. 

Susunan Pemain:

AS Roma (3-4-2-1)

Rui Patricio (PG); Mancini, Smalling, Ibanez; Zalewski, Matic, Cristante, Spinazzola; Pellegrini, Wijnaldum; Dybala

Pelatih: Jose Mourinho

Juventus (3-5-1-1)

Szczesny (PG); Danilo, Bremer, Alex Sandro; Cuadrado, Fagioli, Locatelli, Rabiot, Kostic; Di Maria; Vlahovic

Pelatih: Massimiliano Allegri

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement