Selasa 07 Mar 2023 13:26 WIB

Persiapan Menuju SEA Games 2023, Indra Sjafri Butuh Pemain Serbaguna

Dengan skuad yang sangat terbatas, banyak pertimbangan Indra untuk memilih pemain.

Rep: Afrizal Rosikhul Ilmi/ Red: Endro Yuwanto
Pelatih timnas Indonesia U-22 sekaligus Direktur Teknik PSSI, Indra Sjafri.
Foto: Republika/Afrizal Rosikhul Ilmi
Pelatih timnas Indonesia U-22 sekaligus Direktur Teknik PSSI, Indra Sjafri.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pelatih timnas Indonesia U-22 Indra Sjafri tengah mempersiapkan skuad untuk berlaga di SEA Games 2023 Kamboja. Saat ini, sang juru taktik masih menyeleksi pemain yang bisa masuk dalam rancangan melalui pemusatan latihan (TC) tahap I yang diikuti oleh 34 pemain.

Dari daftar pemain tersebut, Indra hanya akan menggunakan pemain dengan kualitas yang diharapkan. Indra yang juga menjabat Direktur Teknik PSSI membocorkan jumlah pemain yang akan lolos ke TC tahap II mulai 9-16 Maret 2023 berjumlah sekitar 15-16 orang. Kemudian mereka akan bergabung dengan pemain-pemain Liga 1 yang akan segera dipanggil TC sebelum akhirnya penetapan skuad resmi yang berjumlah 20 orang untuk berlaga di SEA Games 2023 Kamboja.

Baca Juga

Dengan skuad yang sangat terbatas, banyak pertimbangan Indra untuk memilih pemain. Salah satu kriteria yang diharapkan adalah pemain dengan fisik yang cukup kuat karena akan menghadapi jadwal padat di SEA Games. Selain itu, ia juga sedang meracik pemain-pemain tertentu yang kemungkinan bisa dimainkan di dua sampai tiga posisi yang berbeda.

"Jadi tadi ada beberapa kemungkinan ya, dari kita melihat pemain yang ada. Dan kita juga mulai mendesain dari sekarang. Mulai dari karakter turnamen SEA Games yang kalau kita masuk di grup (yang berisi) 6 tim, ada 5 match di grup. Berarti sampai final itu ada tujuh match. Kira-kira dari segi fisiknya bagaimana," kata Indra usai memimpin latihan di Lapangan A Gelora Bung Karno, Jakarta, Selasa (7/3/2023).

Menurut Indra, ia harus punya pemain yang bisa bermain di dua atau tiga posisi karena tim hanya berjumlah 20 pemain. "Jadi, harus ada satu pemain yang bisa bermain di dua posisi."

Sejauh ini, Indra mengaku terpukau dengan kualitas yang ditunjukkan oleh nama-nama baru pada TC kali ini. Mayoritas pemain tersebut adalah pemain yang tidak bermain reguler di Liga 1 dan pemain-pemain dari klub Liga 2. Namun, sejauh ini Indra melihat kualitas para pemain itu banyak yang sesuai harapan. Jika tidak, maka mereka akan dipulangkan ke klub masing-masing.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement