Selasa 07 Mar 2023 13:32 WIB

Indra Sjafri Ungkap Pratama Arhan tak Masuk Rencana Utama di SEA Games 2023

Pratama Arhan saat ini masih membela klub Jepang, Tokyo Verdy.

Rep: Afrizal Rosikhul Ilmi/ Red: Endro Yuwanto
Pemain timnas Indonesia Pratama Arhan.
Foto: Republika/Edwin Dwi Putranto
Pemain timnas Indonesia Pratama Arhan.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pelatih timnas Indonesia U-22 Indra Sjafri tidak memasukkan Pratama Arhan ke dalam rencana utamanya di SEA Games 2023 Kamboja. Sejauh ini ia masih memprioritaskan kualitas dari pemain-pemain yang ada di dalam negeri untuk berlaga di SEA Games 2023 yang akan digelar mulai 5-17 Mei 2023 di Kamboja.

Arhan saat ini masih membela klub Jepang, Tokyo Verdy, dan ada kekhawatiran ia tak akan dilepaskan oleh klub lantaran SEA Games tidak masuk dalam kalender FIFA. Hal serupa juga berlaku bagi pemain-pemain lain yang memperkuat klub-klub luar negeri. Sebab itu, daripada kecewa, Indra memilih untuk memprioritaskan pemain di dalam negeri.

Baca Juga

"Kita prinsipnya fokus pada pemain-pemain yang ada di dalam negeri. Karena memang kan bukan FIFA Matchday. Tetapi kalau memang klubnya berkenan ya kenapa tidak. Tapi itu tidak akan menjadi fokus kita untuk pemain-pemain yang bermain di luar untuk kembali ke Indonesia. Jadi kalau memang gak bisa ya gak ada masalah, kita banyak kok pemain di Indonesia," kata Indra di Jakarta, Selasa (7/3/2023).

Selain Arhan, ada juga Elkan Baggott yang bermain di klub Inggris Cheltenham dan Bagus Kahfi yang bermain di klub Turki Asteras Tripolis. Mereka akan menjadi kekuatan yang sangat berarti bagi timnas Indonesia jika bisa dilepaskan oleh klub. PSSI telah menjalin komunikasi dengan klub terkait pelepasan pemain ke timnas pada ajang SEA Games.

Sebelumnya, Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora), Zainudin Amali yang juga menjabat sebagai Wakil Ketua Umum PSSI mengeklaim Arhan sendiri ingin tampil bersama timnas Indonesia di SEA Games. Hanya saja, semua bergantung pada klub tempat Arhan bernaung saat ini. Jika tidak dilepaskan oleh klub, maka tidak ada yang bisa dilakukan selain memanfaatkan pemain yang ada.

"Arhan itu menyampaikan 'saya pengen banget main di SEA Games, karena saya belum pernah," ujar Zainudin Amali. "Ketika itu saya video call dengan ketua umum Pak Erick (Thohir), Pak Erick langsung bicara dengan Arhan dan menyampaikan akan diusahakan minta izin karena pemilik klub Jepang itu kenal dengan Pak Erick."

Klasemen Liga 1 2024/2025
Pos Team Main Menang Seri Kalah Gol -/+ Poin
1 Persebaya Surabaya Persebaya Surabaya 6 5 1 0 7 5 16
2 Pusamania Borneo Pusamania Borneo 6 4 2 0 10 7 14
3 Persib Bandung Persib Bandung 6 3 3 0 11 6 12
4 Bali United Bali United 6 3 2 1 9 5 11
5 PSM Makassar PSM Makassar 6 3 2 1 8 5 11
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement