Kamis 09 Mar 2023 16:32 WIB

Joko Susilo Kembali Ditunjuk Sebagai Pelatih Kepala Arema FC

Hal penting yang perlu dibangun saat ini adalah mengembalikan karakter.

Rep: Wilda Fizriyani/ Red: Yusuf Assidiq
Pelatih kepala Arema FC, Joko Susilo.
Foto: Dokumen
Pelatih kepala Arema FC, Joko Susilo.

REPUBLIKA.CO.ID, MALANG -- Manajemen Arema FC kembali menunjuk Joko Susilo sebagai pelatih kepala. Pelatih yang akrab disapa Getuk ini mulai memimpin latihan pada Kamis (9/3/2023)

Penunjukan Joko Susilo ini sekaligus melengkapi formasi kepelatihan tim 'Singo Edan'. Setelah Javier Roca mundur, manajemen Arema FC menunjuk pelatih caretaker, I Putu Gede.

General Manager ad Interim Arema FC, Muhammad Yusrinal Fitriandi menilai, sentuhan Joko Susilo sangat dibutuhkan oleh Arema FC saat ini. Selain termasuk dalam deretan pelatih yang memiliki lisensi AFC Pro, Joko dinilai mempunyai pengalaman. "Ini sekaligus menjadi tantangan tersendiri," jelas pria yang akrab disapa Inal ini di Kota Malang, Kamis (9/3/2023).

Inal berharap Joko Susilo dapat kembali memunculkan karakter Arema FC. Apalagi sosok di balik tim kepelatihan merupakan legenda yang sukses di eranya. Beberapa di antaranya seperti yang sudah bergabung sebelumnya Kuncoro, Singgih Pitono, Siswantoro, dan I Putu Gede.

Menurut dia, hal penting yang perlu dibangun saat ini adalah mengembalikan karakter. Salah satu langkah yang diambil dengan membangun pondasi di kepelatihan. Hal ini dilakukan dengan memasukkan mantan pemain yang pernah berjuang dan berjaya bersama Arema di eranya.

Joko Susilo sebelumnya pernah menjadi pemain Arema Malang pada 1992 sampai 1995 dan 1998 hingga 2003. Kemudian dia juga sempat menjadi asisten pelatih tim 'Singo Edan' pada 2007 hingga 2018. Setelah itu, menjadi pelatih kepala mulai 2018 hingga 2020.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement