Senin 13 Mar 2023 10:46 WIB

Leandro Trossard Cetak Rekor Assist Saat Arsenal Bekap Fulham

Leandro Trossard mencetak tiga assist dalam kemenangan Arsenal 3-0 atas Fulham.

Rep: Fitriyanto/ Red: Israr Itah
Leandro Trossard (depan) menggiring bola dalam pertandingan Liga Primer Inggris kontra Southampton.
Foto: AP Photo/Ian Walton
Leandro Trossard (depan) menggiring bola dalam pertandingan Liga Primer Inggris kontra Southampton.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Bintang baru Arsenal Leandro Trossard mencetak rekor baru di Liga Primer Inggris saat Arsenal dengan nyaman mengalahkan Fulham untuk mengembalikan keunggulan lima poin mereka di puncak klasemen dari Manchester City. The Gunners mengalahkan Fulham 3-0 dalam derbi London di Craven Cottage, Ahad (12/3/2023), berkat gol-gol dari Gabriel Magalhaes, Gabriel Martinelli, dan Martin Odegaard.

Namun, nama Trossard justru yang mencuat. Ia mencatatkan sejarah menjadi pemain pertama yang mencatatkan tiga assist pada babak pertama pertandingan tandang di Liga Primer Inggris. Pemain asal Belgia ini juga menjadi pemain The Gunners pertama yang mencetak tiga assist dalam satu pertandingan sejak Cesc Fabregas melakukannya dalam kemenangan Arsenal 6-2 atas Blackburn pada Oktober 2009.

Baca Juga

Penampilan Trossard menggarisbawahi dampak yang telah dibuatnya sejak kepindahannya senilai 27 juta poundsterling dari Brighton pada bursa transfer Januari lalu.

Assist pertama dari tendangan sudut melengkung Trossard, yang ditanduk oleh Gabriel untuk membuka keunggulan bagi pemuncak klasemen Premier League, Mikel Arteta.

Empat menit kemudian The Gunners menggandakan keunggulan mereka, saat umpan silang Trossard dimaksimalkan Martinelli mengubah skor menjadi 2-0. Kemudian, pada tambahan waktu babak pertama, pemain Arsenal bernomor punggung 19 ini melengkapi hat-trick asisstnya dengan umpan silang yang dalam untuk menemukan Martin Odegaard dan membuat pertandingan semakin jauh dari jangkauan tuan rumah.

"Saya sangat senang dengan hal itu. Saya selalu mencoba untuk berkontribusi dengan gol dan assist, membantu tim untuk terus maju dan hari ini saya berhasil melakukannya. Saya sangat senang bahwa kami menang dan kami bisa melangkah maju dari sini," kata Trossard dalam wawancara dengan Sky Sports, dikutip dari Daily Mail.

Tiga assist Trossard adalah yang kedua kalinya pada musim ini bagi pemain di Liga Primer Inggris. Sebelumnya, Roberto Firmino mengemas tiga assist saat Liverpool menang 9-0 atas Bournemouth pada Agustus, tapi laga itu berlangsung di markas the Reds.

Tambahan tiga assist membuat Trossard sekarang sudah mengemas lima assist dalam sembilan pertandingan. Odegaard yang menjadi penerima assist ketiga memberikan pujian untuk rekan setimnya setelah pertandingan.

"Saya pikir dia telah membawa beberapa hal luar biasa ke dalam tim, saya senang bermain bersamanya," katanya kepada Sky Sports.

"Dia selalu ada untuk menghubungkan, dia selalu mencari kombinasi dan ketika dia berada di dalam kotak penalti, dia mampu memberikan umpan yang tepat seperti yang dia lakukan hari ini dan seperti yang dia lakukan di laga-laga sebelumnya. Sangat senang bisa memilikinya dalam tim ini," ujarnya.

Ini adalah hari yang terus membaik bagi tim asal London utara, yang juga melihat kembalinya Gabriel Jesus dari cedera. Pemain asal Brasil itu belum pernah tampil untuk klub sejak mengalami cedera lutut di Piala Dunia, tetapi dimasukkan saat pertandingan menyisakan 13 menit.

Arsenal akan menghadapi Sporting CP pada leg kedua babak 16 besar Liga Europa Jumat (17/3/2023) dini hari WIB, sebelum menjamu Crystal Palace dalam derby London pada Ahad (19/3/2023).

Dapat mengunjungi Baitullah merupakan sebuah kebahagiaan bagi setiap Umat Muslim. Dalam satu tahun terakhir, berapa kali Sobat Republika melaksanakan Umroh?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement