Selasa 14 Mar 2023 07:19 WIB

Pioli Keluhkan Cara Milan Bertahan Saat Ditahan Imbang Salernitana di San Siro

AC Milan kini berada di posisi empat klasemen Serie A Liga Italia.

Rep: Frederikus Bata/ Red: Israr Itah
Pelatih AC Milan Stefano Pioli
Foto: EPA-EFE/Andy Rain
Pelatih AC Milan Stefano Pioli

REPUBLIKA.CO.ID, MILAN -- AC Milan gagal meraih kemenangan saat bertemu Salernitana pada giornata ke-26 Serie A Liga Italia musim 2022/23. Duel di Stadion San Siro, Milan, Selasa (14/3/2023) dini hari WIB, berkesudahan imbang 1-1.

Tampil di markas sendiri, Rossoneri diprediksi mendapatkan hasil maksimal. Namun fakta di lapangan berbeda. Tuan rumah sempat memimpin terlebih dahulu pada injury time babak pertama. Setelah turun minum, kubu tamu menyamakan kedudukan. Pelatih Milan, Stefano 

Baca Juga

Pioli kecewa melihat kenyataan ini. Menurut dia, seharusnya armada Il Diavolo bermain di level yang lebih tinggi. Ia merasa pasukannya terlalu memberikan ruang kepada lawan. Itu memungkinkan Salernitana berkreasi sehingga gawang Mike Maignan pun bergetar pada menit ke-61.

"Kami tahu bagaimana membaca situasi ini dengan lebih baik. Itu bisa dihindari. Kami seharusnya melakukannya dengan lebih baik. Kami juga sedikit kurang beruntung dalam beberapa situasi," kata Pioli kepada DAZN, dikutip dari Football Italia.

Ia mengakui timnya tidak bertahan secara kolektif. Saat I Granata menyamakan kedudukan, menurutnya mereka sedikit kurang tenang. Sehingga tidak bisa menguasai permainan seperti biasanya.

Pioli memakai skema tiga bek tengah. Sang arsitek menampik perubahan sistem tersebut berpengaruh pada hasil akhir.

"Ini tentang penentuan posisi dan prinsip, bukan sistem," ujar mantan juru taktik Fiorentina itu.

Ia menegaskan, sebuah tim membutuhkan dua hal untuk bertahan dengan baik. Pertama, setiap orang harus tersedia melakukan itu. Berikutnya, para pemain perlu saling membantu di lapangan.

"Jika Anda melihat gol mereka, tiga pemain (Milan) tidak mengejar ketertinggalan setelah lemparan ke dalam. Itu seharusnya tidak pernah terjadi. Kami terlalu tegang dan terbuka. Kami akan menontonnya lagi dan membuat penilaian," tutur Pioli.

Hasil ini membuat AC Milan tertahan di posisi keempat klasemen sementara. Dengan mengantongi 48 poin, Rossoneri tertinggal 20 angka di belakang Napoli di singgasana. Berikutnya Theo Hernandez dan rekan-rekan dijadwalkan bertemu Udinese.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement