Kamis 16 Mar 2023 05:56 WIB

Dua Gol Osimhen Antar Napoli Cetak Sejarah Lolos Perdana ke Perempat Final Liga Champions

Napoli mengalahkan Eintracht Frankfurt 3-0 dalam leg kedua 16 besar Liga Champions.

Penyerang Napoli Victor Osimhen (kanan) mencetak gol saat pertandingan leg kedua babak 16 besar Liga Champions antara SSC Napoli dan Eintracht Frankfurt, di Stadion Diego Armando Maradona, Naples, Kamis (16/3/2023).
Foto: EPA-EFE/CIRO FUSCO
Penyerang Napoli Victor Osimhen (kanan) mencetak gol saat pertandingan leg kedua babak 16 besar Liga Champions antara SSC Napoli dan Eintracht Frankfurt, di Stadion Diego Armando Maradona, Naples, Kamis (16/3/2023).

REPUBLIKA.CO.ID, NAPLES -- Penyerang Napoli, Victor Osimhen, mencetak dua gol di babak kedua untuk membawa tim asal Italia ini meraih kemenangan 3-0 atas Eintracht Frankfurt dalam leg kedua babak 16 besar Liga Champions di Stadion Diego Armando Maradona, Naples, Kamis (16/3/2023) dini hari WIB. Hasil ini mengantarkan Napoli mencetak sejarah melaju ke babak perempat final Liga Champions untuk pertama kalinya. Napoli merupakan ketiga Italia yang melaju ke babak perempat final musim ini setelah Inter dan AC Milan.

Pemain internasional Nigeria berusia 24 tahun, yang juga membobol gawang Eintracht dalam kemenangan 2-0 di Jerman, mencetak gol melalui sundulan pada babak kedua. Osimhen mengemas gol ke-23 dalam 28 pertandingan di semua kompetisi musim ini dengan gol sentuhan setelah kombinasi empat operan cepat Napoli pada menit ke-53. Piotr Zielinski akhirnya mengonversi tendangan penalti untuk mengamankan kemenangan agregat 5-0 atas Eintracht. 

Baca Juga

Sebelum pertandingan, perkelahian terjadi di Naples ketika para penggemar membakar sebuah mobil polisi dan melempari bus suporter Eintracht dengan batu. Pihak berwenang Italia telah melarang para pendukung Jerman untuk menghadiri pertandingan di tengah kekhawatiran akan kemungkinan terjadinya kekerasan, tapi beberapa pendukung Eintracht tetap nekat datang ke Italia.

Namun pertandingan berlangsung damai di dalam stadion dan tuan rumah memegang kendali sejak awal. Khvicha Kvaratskhelia hampir mencetak gol dengan sebuah tendangan ke dalam kotak penalti pada menit ke-19. Pemain asal Georgia itu kembali gagal pada menit ke-43, ketika penjaga gawang EIntracht, Kevin Trapp, menepis tendangannya dari jarak dekat.

Osimhen membuka skor pada waktu tambahan babak pertama setelah diberi ruang yang cukup luas di dalam kotak penalti untuk melompat tinggi dan menyundul umpan silang terukur dari Matteo Politano.

Hal tersebut berarti Eintracht membutuhkan tiga gol untuk sekadar menyamakan agregat. Namun mereka kesulitan untuk menghadapi lini pertahanan Napoli yang bermain dengan baik.

Mereka juga berada di bawah tekanan dari permainan Napoli yang menekan tanpa henti dan Osimhen kembali mencetak gol. Ia menjebol gawang tim tamu dari jarak dekat untuk memupuskan harapan juara Liga Europa tersebut untuk bangkit. Osimhen juga menjadi pemain pertama Napoli yang mampu mencetak gol di kedua leg dalam pertandingan sistem gugur Liga Champions.

Sang pemuncak klasemen Serie A menutup penampilan dua leg yang luar biasa dengan gol penalti Zielinski setelah sang pemain Polandia dijatuhkan di dalam kotak penalti.

"Kami berhasil mengimbangi mereka selama beberapa bagian pertandingan," kata kapten Frankfurt, Sebastian Rode. "Namun kami kehilangan penguasaan bola sebelum gol-gol tersebut dan hal itu menghancurkan kami. Kami juga kurang tajam di sepertiga akhir lapangan."

 

sumber : Reuters
Yuk koleksi buku bacaan berkualitas dari buku Republika ...
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement