Senin 20 Mar 2023 01:00 WIB

Babak Pertama, Lazio Ditahan Imbang 0-0 AS Roma

Roma harus kehilangan Ibanez di menit ke-32 karena terkena kartu kuning kedua.

Rep: Afrizal Rosikhul Ilmi/ Red: Endro Yuwanto
Pemain AS Roma Roger Ibanez (kiri) saat pertandingan sepak bola Serie A Liga Italia antara Roma dan Lazio, di Stadion Olimpiade Roma, Ahad (19/3/2023). Roma akhirnya harus kehilangan Ibanez di menit ke-32 saat pemain asal Brasil itu dihukum kartu kuning kedua oleh wasit.
Foto: AP/Andrew Medichini
Pemain AS Roma Roger Ibanez (kiri) saat pertandingan sepak bola Serie A Liga Italia antara Roma dan Lazio, di Stadion Olimpiade Roma, Ahad (19/3/2023). Roma akhirnya harus kehilangan Ibanez di menit ke-32 saat pemain asal Brasil itu dihukum kartu kuning kedua oleh wasit.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Lazio menjamu AS Roma pada pekan ke-27 Serie A Italia di Stadion Olimpico, Senin (20/3/2023) dini hari WIB. Pada derby della Capitale ini kedua tim bertarung untuk memperebutkan posisi empat besar.

Pertandingan babak pertama yang berlangsung dengan tensi tinggi berakhir dengan skor 0-0. Lazio berada di posisi ketiga klasemen dengan torehan 49 poin sebelum pertandingan ini, sementara AS Roma duduk di peringkat kelima, dan berpotensi menggeser AC Milan di peringkat keempat.

Baca Juga

Lazio mampu memberikan tekanan sejak menit-menit awal pertandingan. Tembakan ke gawang pertama berhasil didaratkan setelah lima menit pertandingan berlangsung. Percobaan dari jarak jauh itu dilakukan oleh Luis Alberto, tapi masih meleset.

Sepuluh menit berlalu, dan kedua tim bermain dengan tempo lambat dengan lebih berfokus pada pengusaan bola sambil mencoba mencari ruang. Belum ada percobaan ke gawang lainnya yang berhasil dilepaskan kedua tim selama sepuluh menit pertama.

Wijnaldum melakukan percobaan dengan kaki kanannya saat ia menemukan ruang di luar kotak penalti Lazio pada menit ke-18. Tapi perocobaan itu masih meleset jauh di atas mistar gawang. Semenit berselang, upaya balasan dilakukan oleh Felipe Anderson di tengah kotak, tapi berhasil diamankan kiper.

Roma menggempur pertahanan Lazio. Beberapa percobaan beruntun dilakukan pemain Roma di menit ke-24. Pertama oleh Ibanez dari tengah kotak, diblokir. Kemudian Paulo Dybala juga masih diblokir, dan terakhir tandukan dari Belotti pun masih bisa diamankan oleh kiper.

Dari sisi Lazio, Mattia Zaccagni melepaskan tembakan dengan kaki kanan dari luar kotak penalti tapi masih bisa diselamatkan di sudut kanan bawah. Lalu Sergej Milinkovic-Savic menembak dengan kaki kanan dari bagian tengah kotak 16 meleset ke kiri.

Tanpa butuh waktu lama, pertandingan derby della Capitale beralih ke tensi yang lebih tinggi di mana banyak benturan yang terjadi antarpemain. Roma akhirnya harus kehilangan Ibanez di menit ke-32 saat pemain asal Brasil itu dihukum kartu kuning kedua oleh wasit. Hal ini jelas akan sangat menguntungkan tim tuan rumah.

Tapi Roma masih bisa mengimbangi gempuran Lazio. Selain bertahan dari serangan, tim asuhan Jose Mourinho juga tetap mampu memberikan ancaman ke gawang Lazio. Namun setelah tiga menit tambahan waktu, skor bertahan 0-0 hingga turun minum.

Susunan starting XI kedua tim:

Lazio (4-3-3)

Provedel; Marusic, Casale, Romagnoli, Hysaj; Milinkovic-Savic, Cataldi, Luis Alberto; Pedro, Felipe Anderson, Zaccagni

Pelatih: Maurizio Sarri

AS Roma (3-4-3)

Rui Patricio; Mancini, Smalling, Ibanez; Zalewski, Cristante, Wijnaldum, Spinazzola; Dybala, Pellegrini; Belotti

Pelatih: Jose Mourinho.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement