Senin 20 Mar 2023 01:54 WIB

Tekuk Fulham 3-1, Man United Melaju ke Semifinal Piala FA

MU kian mendominasi permainan setelah Fulham tampil dengan 9 pemain di babak kedua.

Rep: Afrizal Rosikhul Ilmi/ Red: Endro Yuwanto
Gelandang Manchester United (MU) Bruno Fernandes merayakan setelah mencetak gol kedua timnya selama pertandingan perempat final antara MU dan Fulham di Old Trafford, Manchester, Inggris, Ahad (19/3/2023). Fernandes menyumbang dua gol kemenangan MU 3-1 atas Fulham di laga itu.
Foto: AP/Dave Thompson
Gelandang Manchester United (MU) Bruno Fernandes merayakan setelah mencetak gol kedua timnya selama pertandingan perempat final antara MU dan Fulham di Old Trafford, Manchester, Inggris, Ahad (19/3/2023). Fernandes menyumbang dua gol kemenangan MU 3-1 atas Fulham di laga itu.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Manchester United (MU) berhasil menaklukkan Fulham pada perempat final Piala FA di Old Trafford, Ahad (19/3/2023) malam WIB. Keuntungan berpihak kepada tim tuan rumah setelah dua pemain lawan diganjar kartu merah.

Man United yang sempat tertinggal berhasil membalikkan keadaan menjadi 3-1 untuk maju ke babak selanjutnya. Fulham bermain agresif sejak menit awal pertandingan. Peluang pertama diciptakan dengan cepat kurang dari dua menit saat Andreas Pereira melepaskan umpan silang ke tiang jauh, dan Issa Diop menyundulnya ke arah gawang tapi kiper MU David De Gea berhasil melakukan penyelamatan penting.

Baca Juga

Di menit ke-13, Man United mematahkan serangan balik dan Marcus Rashford menggesernya ke depan untuk Weghorst. Bruno Fernandes menyeret bek itu untuk membuka ruang, tetapi pemain Belanda itu berhasil menyambarnya dan bola meluncur tanpa mendarat ke sarung tangan kiper Bernd Leno.

Hingga menit ke-20, Manchester United masih berjuang untuk menemukan ritme dan Fulham memenangkan tendangan bebas lainnya di sayap kanan. Pereira masuk jauh kali ini, tapi berhasil dihentikan oleh Aaron Wan-Bissaka.

Tiga menit berselang, umpan silang Fernandes diblok, tetapi bola masih milik Man United yang mengalihkannya ke Rashford di sayap yang berlawanan. Dia menyambut umpan silang yang indah ke dalam kotak, tetapi tidak ada seorang pun di tiang jauh yang mengarahkannya ke gawang.

Fernandes membukakan peluang kepada rekannya di menit ke-40 saat ia menggeser bola ke Sabitzer dan dia punya waktu untuk mencari ruang sebelum melepaskan tembakan jarak jauh ke gawang. Tapi Leno berhasil mengantisipasinya, dia menangkisnya dan menahannya pada upaya kedua.

Di menit-menit akhir babak pertama, bek MU Lisandro Martinez memberikan terobosan langsung ke dalam kotak dan Scott McTominay berputar untuk menariknya kepada Jadon Sancho sebelum mendapatkannya kembali. Ia mencoba melepaskan tembakan dengan cepat tapi bola itu memantul jauh dari sasaran karena memantul kaki Ream. Babak pertama berakhir imbang 0-0.

Tak lama setelah babak kedua dimulai, Fulham akhirnya berhasil memetik keunggulan di menit ke-50. Man United kemasukan gol dari sepak pojok, umpan silang Pereira dilewatkan oleh Fernandes dan Diop menjentikkannya ke tepi kotak. Kemudian Aleksandar Mitrovic tidak membuat kesalahan untuk mencetak gol Piala FA pertamanya.

Drama terjadi di menit ke-70 saat upaya dari Sancho berhasil dihentikan di depan garis gawang oleh Willian. Pemain MU menyebut Willian menggunakan tangan, wasit pun melihat VAR untuk memastikan keputusannya.

Namun, Aleksandar Mitrovic tidak senang dan dia meneriaki wasit. Mitrovic kemudian dihukum kartu merah langsung oleh wasit karena mencoba ikut campur saat wasit melihat monitor. Selain itu, wasit juga tidak punya pilihan selain menunjukkan kartu merah kepada Willian karena sengaja menggagalkan gol dengan tangannya.

Wasit memberikan hadiah penalti setelah melihat VAR. Bruno Fernandes pun berhasil menyamakan kedudukan dari titik putih. Manchester United yang mendominasi permainan melawan sembilan pemain tak membutuhkan waktu lama untuk mengambil keunggulan.

Di menit ke-77 kerja sama cepat antara Sancho dengan Luke Shaw berhasil menembus area pertahanan Fulham. Shaw melanjutkannya ke tengah kotak penalti dan Sabitzer berhasil menjentikkannya melewati Leno. Skor 2-1 untuk Man United.

Fulham masih mencoba memberikan serangan ketika mendapatkan bola meskipun hanya bermain dengan sembilan orang. Pada akhirnya tim tamu tidak bisa bertahan dari serangan balik, skuad asuhan Erik ten Hag berhasil menambah keunggulan di menit-menit akhir melalui gol Bruno Fernandes. MU pun menang 3-1 atas Fulham.

Susunan starting XI kedua tim:

Manchester United (4-1-4-1)

David de Gea; Aaron Wan-Bissaka, Harry Maguire, Lisandro Martinez, Luke Shaw; Scott McTominay; Marcel Sabitzer, Jadon Sancho, Bruno Fernandes, Marcus Rashford; Wout Weghorst.

Pelatih: Erik Ten Hag

Fulham (4-2-3-1)

Bernd Leno; Kenny Tete, Issa Diop, Tim Ream, Antonee Robinson; Harrison Reed, Joao Palhinha; Bobby De Cordova-Reid, Andreas Pereira, Willian; Aleksandar Mitrovic.

Pelatih: Marco Silva.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement