Senin 20 Mar 2023 05:24 WIB

Menang 2-1 Atas Real Madrid, Barcelona Kokoh di Puncak Klasemen

Barcelona kini unggul 12 poin atas Real Madrid yang menghuni posisi kedua klasemen.

Rep: Afrizal Rosikhul Ilmi/ Red: Endro Yuwanto
Pelatih Barcelona, Xavi Hernandez.
Foto: EPA-EFE/KIKO HUESCA
Pelatih Barcelona, Xavi Hernandez.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Barcelona berhasil mengamankan poin penuh saat menghadapi Real Madrid pada pekan ke-26 La Liga Spanyol 2022/2023 di Camp Nou, Senin (20/3/2023) dini hari WIB. Tim tuan rumah yang tertinggal lebih dulu berhasil membalikkan keadaan menjadi 2-1 untuk mengamankan tiga poin dalam laga el-clasico itu.

Madrid memimpin melalui gol bunuh diri bek Barca Ronald Araujo di menit kesembilan. Barca yang diarsiteki Xavi Hernandez menyamakan kedudukan di menit ke-45 melalui Sergi Roberto, Skor imbang 1-1 bertahan hingga turun minum.

Baca Juga

Real Madrid memberikan serangan lebih dulu di babak kedua. Kontrol yang brilian dilakukan oleh Vinicius di sisi kiri, dan ia berhasil melewati Araujo dan terus menguasai bola. Ia kemudian mengirimkannya ke tiang jauh dengan kaki bagian luar kepada Federico Valverde, namun tembakan Valverde masih melebar.

Di menit ke-54, gelandang Madrid Luka Modric melakukan pergerakan yang lincah ke dalam kotak penalti dari kiri sebelum melepaskan tembakan ke gawang dari tepi kotak penalti. Tapi Alejandro Balde meluncur tepat di depan kiper Marc-Andre Ter Stegen untuk memblokirnya.

Barca meningkatkan tekanan di menit ke-59 saat Frenkie De Jong memilih Robert Lewandowski di tepi kotak kali ini. Ia berbalik dengan cepat sebelum melepaskan tembakan ke gawang dari tepi kotak penalti, tetapi defleksi Camavinga membuatnya melebar.

Barcelona akhirnya benar-benar mencetak gol untuk membalikkan keadaan menjadi 2-1 di menit ke-90+1. Gol diciptakan oleh Franck Kessie yang berhasil memaksimalkan umpan tarik dari sisi kiri oleh Balde. Kessie dengan sentuhan pertamanya berhasil mengarahkan bola ke sisi kanan gawang. Skor 2-1 untuk Barcelona bertahan hingga peluit akhir.

Kemenangan ini membuat Barca kian kokoh di puncak klasemen dengan mengemas 68 poin dari 26 pertandingan. La Blaugrana unggul 12 poin atas Madrid yang menghuni posisi kedua.

Susunan pemain kedua tim:

Barcelona (4-3-3)

Marc-Andre ter Stegen; Ronald Araujo, Jules Kounde, Andreas Christensen, Alejandro Balde; Sergi Roberto, Sergio Busquets, Frenkie de Jong; Raphinha, Robert Lewandowski, Gavi.

Real Madrid (4-3-3)

Thibaut Courtois; Dani Carvajal, Eder Militao, Antonio Rudiger, Nacho; Luka Modric, Eduardo Camavinga, Toni Kroos; Federico Valverde, Karim Benzema, Vinicius Junior.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement