Selasa 21 Mar 2023 12:17 WIB

Kualifikasi Euro 2024: Italia Vs Inggris, Lawan yang Kini Kerap Bertemu di Pentas Eropa

Italia dan Inggris berhadapan di final Euro 2020 dan UEFA Nations League 2022/2023.

Rep: Anggoro Pramudya/ Red: Israr Itah
 Pemain Inggris Harry Kane (tengah) mengontrol bola selama pertandingan sepak bola UEFA Nations League antara Italia dan Inggris di stadion San Siro, di Milan, Italia, Sabtu (24/9/2022) dini hari WIB.
Foto: AP/Antonio Calanni
Pemain Inggris Harry Kane (tengah) mengontrol bola selama pertandingan sepak bola UEFA Nations League antara Italia dan Inggris di stadion San Siro, di Milan, Italia, Sabtu (24/9/2022) dini hari WIB.

REPUBLIKA.CO.ID, NAPOLI -- Italia dan Inggris adalah kekuatan sepak bola yang disegani di Eropa dan dunia. Meskipun gagal lolos ke Piala Dunia 2018 dan 2022, Italia masih dianggap lawan berat, terutama karena status mereka sebagai juara bertahan Euro 2020 yang digelar pada 2021. Sementara Inggris semakin stabil dan menunjukkan ancaman di bawah komando Gareth Southgate.

Belakangan, kedua tim ini semakin sering bertemu pada ajang resmi. Pada Piala Eropa 2020 misalnya, Azzurri keluar sebagai pemenang dalam duel sengit hingga adu penalti melawan Inggris di partai final.

Baca Juga

Tak berjeda, Italia dan Inggris kemudian tergabung Grup 3 UEFA Nations League 2022/2023. Italia keluar sebagai pemimpin grup dengan mengoleksi 11 poin dari tiga kali menang, dua imbang, dan sekali kalah.

Sementara Inggris hanya mengumpulkan tiga angka via tiga imbang dan tiga kekalahan, yang membuat pasukan Gareth Southgate tercecer sebagai juru kunci.

 

Kini, kedua tim kembali bersaing. Kali ini di Grup C Kualifikasi Euro 2024. Bahkan, Italia dan Italia langsung berhadapan pada laga pembuka grup di Stadion Diego Armando Maradona, Napoli, Jumat (24/3/2023) dini hari WIB.

Dari kubu Italia, beberapa pemain seperti Federico Chiesa, Giacomo Raspadori dan Federico Di Marco absen lantaran mengalami cedera.

Cederanya sederet pemain tersebut memaksa Mancini mengandalkan para pemain muda seperti Wilfried Gnonto, Simone Pafundi dan Gianluca Scamacca.

Sedangkan di kubu Inggris Gareth Southgate akan tanpa Marcus Rashford. Penyerang haus gol milik Manchester United itu akan absen karena mengalami cedera.

Tentu Tiga Singa akan mengandalkan kecepatan dua pemain Bukayo Saka dan Phil Foden menemani Harry Kane sebagai ujung tombak. Italia dan Inggris akan bersaing dengan Malta, Makedonia Utara dan Ukraina.

Berikut fakta angka pertemuan timnas Italia versus Inggris dihimpun Republika, Selasa (21/3/2023):

1

Pada pertandingan Piala Dunia kedua tim bertemu satu kali dengan satu kemenangan didapat timnas Italia

8

Timnas Italia dan Inggris bertemu dalam delapan pertandingan. Dua kemenangan menjadi milik Italia, satu untuk Inggris, sementara lima laga lainnya berkesudahan imbang

 

Yuk koleksi buku bacaan berkualitas dari buku Republika ...

Apakah internet dan teknologi digital membantu Kamu dalam menjalankan bisnis UMKM?

  • Ya, Sangat Membantu.
  • Ya, Cukup Membantu
  • Tidak
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement