Kamis 23 Mar 2023 13:35 WIB

Southgate Incar Kemenangan Bersejarah Saat Inggris Vs Italia di Kualifikasi Euro 2024

Timnas Inggris tak pernah menang di tanah Italia sejak 1961 silam.

Rep: Rahmat Fajar/ Red: Endro Yuwanto
Pelatih timnas Inggris, Gareth Southgate.
Foto: AP/Frank Augstein
Pelatih timnas Inggris, Gareth Southgate.

REPUBLIKA.CO.ID, NAPLES -- Pelatih timnas Inggris Gareth Southgate mengincar kemenangan bersejarah ketika menghadapi Italia pada laga pertama kualifikasi Grup C Euro 2024, di Stadion Diego Armando Maradona, Jumat (24/3/2023) dini hari WIB. Pasalnya, Inggris tak pernah menang di tanah Italia sejak 1961 silam.

Southgate menegaskan, Inggris harus memenangkan pertandingan. Ia paham Kota Naples, tempat pertandingan itu merupakan kota tempat legenda sepak bola dunia dielu-elukan yakni Maradona.

Baca Juga

Southgate pun mengaku menyukai kota itu dan memiliki kenangan masa kecil ketika menyaksikan Maradona dan Careca memimpin Napoli menuju kejayaan Serie A Liga Italia. Tetapi yang lebih penting saat ini adalah membawa Inggris mengalahkan Italia.

“Kami telah melakukannya di masa lalu, tetapi kami harus melakukannya secara konsisten. Kami belum pernah menang di sini sejak 1961, kami harus membuat sejarah. Tim ini telah memecahkan beberapa rekor,” ujar Southgate dilansir dari Football Italia, Kamis (23/3/2023).

Menurut Southgate, tim Azzuri tentu akan sangat termotivasi melakonai laga perdana nanti. Italia dinilai sebagai tim sangat kuat, meskipun tidak lolos ke Piala Dunia 2022 Qatar. Namun Italia adalah juara bertahan Euro yang mengalahkan Inggris di partai final.

Dalam kesempatan tersebut, Southgate ditanya tentang pengaruh kapten tim Harry Kane di mana jika dia mencetak gol di laga tersebut akan menjadikan namanya sebagai pencetak gol terbanyak Inggris sepanjang masa. Ia mengatakan, Kane terlihat ingin menunjukkan penampilan terbaiknya. Ia yakin Kane bisa membuat perbedaan dalam permainan tim.

Meskipun Kane berperingkat paling tinggi dalam urusan mencetak gol, tetapi Southgate tidak dapat mengatakan Kane sebagai striker terbaik yang pernah bermain untuk tim nasional. Sebab selalu sulit membuat perbandingan antargenerasi yang berbeda.

“Untuk gol-golnya, dia adalah salah satu striker terbaik dalam sejarah. Tapi dia melakukan lebih dari sekadar gol. Dia adalah pemain yang luar biasa dan kami sangat beruntung memiliki dia bersama kami,” kata Southgate.

Perjalanan Inggris ke Naples akan menjadi yang pertama dalam lebih dari 20 tahun di mana kunjungan terakhirnya terjadi pada Piala Dunia 1990. Oleh karena itu, Southgate tak sabar untuk bermain di kota yang diklaim rakyatnya mencintai sepak bola.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement