Kamis 09 Feb 2023 21:28 WIB

Alasan Eks Penyerang Timnas Inggris Lebih Memilih Bale Ketimbang Neymar

Keunikan Gareth Bale terletak pada kemampuan fisik dan gaya bermainnya.

Rep: Reja Irfa Widodo/ Red: Endro Yuwanto
Bintang dan kapten timnas Wales, Gareth Bale.
Foto: AP/Aijaz Rahi
Bintang dan kapten timnas Wales, Gareth Bale.

REPUBLIKA.CO.ID, LONDON -- Gareth Bale dan Neymar kerap dianggap berada dalam jajaran pesepak bola papan atas dalam satu dekade terakhir, setidaknya hingga Bale memutuskan gantung sepatu pada Januari tahun ini. Kendati begitu, Bale dinilai memiliki kemampuan jauh lebih baik ketimbang Neymar.

Penilaian ini diungkapkan mantan penyerang timnas Inggris, Jermain Defoe, saat diwawancara oleh Rio Ferdinand di kanal YouTube milik mantan bek tengah Manchester United tersebut. Meski berpotensi dianggap bias lantaran pernah sama-sama memperkuat Tottenham Hotspur, Defoe memiliki alasan yang kuat dalam memilih Bale.

Baca Juga

''Dia adalah pemain yang unik. Itu alasan saya memilih dia (dibanding Neymar). Saya merasa, apa yang dia tunjukkan di pentas Liga Champions dalam waktu yang relatif singkat benar-benar luar biasa,'' ujar Defoe seperti dilansir SportsKeeda, Kamis (9/2/2023).

Penyerang yang memperkuat Spurs pada 2009 hingga 2014 itu agaknya merujuk pada performa Bale saat mencetak hattrick ke gawang Inter Milan di pentas Liga Champions musim 2010/2011. Saat itu, La Beneamata berstatus sebagai juara bertahan Liga Champions. Meski akhirnya Spurs kalah, 3-4, dari Inter Milan, penampilan winger asal Wales itu mengundang decak kagum.

Secara khusus, Defoe menyebut, keunikan Bale terletak pada kemampuan fisik dan gaya bermainnya. Mantan bintang Real Madrid itu dikenal memiliki kecepatan di atas rata-rata dan mengandalkan kemampuan tersebut untuk melewati lawan. Kemampuan ini, kata Defoe, sejalan dengan perkembangan sepak bola modern.

''Tidak banyak pemain yang memiliki kemampuan seperti Bale. Dia sudah terbiasa mengendalikan bola, melewati pemain, dan akhirnya meninggalkan pemain tersebut dengan kecepatan. Berbicara soal sepak bola modern, ekplosivitas Bale benar-benar luar biasa,'' kata Defoe.

Kendati begitu, pengoleksi 57 caps buat timnas Inggris itu tidak mau begitu saja meremehkan kemampuan Neymar. Pemain bintang asal Brasil itu memiliki kemampuan luar biasa dalam teknik olah bola.

''Anda dengan mudah terkesima dengan kemampuan Neymar dalam memegang kendali bola. Namun, Gareth (Bale) melakukan apa yang sepertinya sulit dilakukan pemain lain,'' ujar eks penyerang West Ham United tersebut.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement