Selasa 10 Jan 2023 20:56 WIB

Pensiun dari Sepak Bola, Gareth Bale Mengaku Beruntung Selama Menjalani Kariernya

Gareth Bale bisa dianggap salah satu pesepak bola terbaik Wales.

Rep: Afrizal Rosikhul Ilmi/ Red: Endro Yuwanto
Bintang dan kapten timnas Wales, Gareth Bale. Pada Senin (9/1/2023), Bale memutuskan pensiun dari sepak bola.
Foto: AP/Ashley Landis
Bintang dan kapten timnas Wales, Gareth Bale. Pada Senin (9/1/2023), Bale memutuskan pensiun dari sepak bola.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Gareth Bale, salah satu pesepak bola terbaik dan paling berprestasi sepanjang masa dan pemegang rekor penampilan sepanjang masa Wales, telah pensiun dari sepak bola. Pemain berusia 33 tahun, yang bermain untuk Real Madrid, Tottenham Hotspur, Southampton, dan LAFC, mengungkapkan kabar tersebut kepada para penggemar pada Senin (9/1/2023) waktu setempat.

"Setelah mempertimbangkan dengan hati-hati dan bijaksana, saya mengumumkan pengunduran diri saya segera dari klub dan sepak bola internasional," kata Bale dalam sebuah pernyataan dikutip dari Talksport, Selasa (10/1/2023). "Saya merasa sangat beruntung mewujudkan impian saya bermain olahraga yang saya sukai. Itu benar-benar memberi saya beberapa momen terbaik dalam hidup. Yang tertinggi dari yang tertinggi selama 17 musim, yang tidak mungkin ditiru, tidak peduli apa yang ada di bab berikutnya untuk saya."

Baca Juga

Bale memulai karier profesionalnya di Southampton, melakukan debutnya untuk the Saints pada April 2006 saat berusia 16 tahun. Pertunjukan yang menggetarkan di St Mary's membuatnya pindah ke Tottenham pada musim panas 2007. Dia awalnya mengalami masa sulit di London Utara, setelah gagal memenangkan 24 penampilan pertamanya untuk Spurs.

Bagaimana pun, Bale menjadi pemain kunci bagi Tottenham, membantu klub itu lolos ke Liga Champions musim 2009/2010. Bale meraih penghargaan PFA Player of the Year di musim 2010/2011 dan musim 2012/2013, yang menarik perhatian Real Madrid. Los Blancos membayar rekor dunia saat itu 85 juta poundsterling untuk jasanya pada September 2013.

Bale gagal meyakinkan banyak penggemar Real Madrid tetapi membantu raksasa Spanyol itu meraih banyak trofi, termasuk lima Liga Champions dan tiga gelar La Liga Spanyol. Pinjaman selama satu musim dari Bernabeu membuat Bale kembali ke Tottenham sebelum ia bergabung dengan klub MLS LAFC setelah kontraknya dengan Real Madrid berakhir pada musim panas 2022.

Bersama tim nasional Wales, Bale membuat terbesar dalam kariernya setelah memainkan peran besar mengantar Wales ke semifinal Euro 2016, turnamen besar pertama Wales sejak 1958. Ia juga mewakili Wales di Piala Dunia 2022 Qatar, mengakhiri dengan rekor 111 penampilan untuk timnas.

"Dari sentuhan pertama saya di Southampton hingga terakhir saya dengan LAFC dan segala sesuatu di antaranya, membentuk karier klub yang sangat saya banggakan dan syukuri," jelas Bale. "Bermain untuk dan menjadi kapten negara saya 111 kali benar-benar merupakan mimpi yang menjadi kenyataan."

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement