Kamis 23 Mar 2023 16:42 WIB

Jelang Italia Vs Inggris, Southgate Ungkap Soal Kekagumannya pada Kota Naples

Southgate mengetahui seperti apa kualitas tuan rumah, Italia.

Rep: Frederikus Bata/ Red: Endro Yuwanto
Pelatih timnas Inggris, Gareth Southgate.
Foto: AP/Abbie Parr
Pelatih timnas Inggris, Gareth Southgate.

REPUBLIKA.CO.ID, NAPLES -- Pelatih tim nasional (timnas) Inggris, Gareth Southgate, bereaksi jelang duel berkelas di depan mata. The Theree Lions akan menghadapi Italia pada laga perdana Grup C Kualifikasi Piala Eropa 2024.

Sebuah bigmatch tentu saja. Partai ini dimainkan di Kota Naples. Tepatnya di Stadion Diego Armando Maradona, Jumat (24/3/2023) dini hari WIB.

Baca Juga

Southgate mengakui kubunya tak sabar untuk merasakan sensasi kota yang berada di Campania ini. Ia mengetahui seperti apa gambaran tentang Naples. Penggemar di sana, sangat mencintai sepak bola.

"Kota ini memiliki sejarah hebat. Saya masih ingat Napoli-nya Maradona dan Careca. Kami meminta pendukung untuk menghormati budaya lokal dan saya berharap semuanya berjalan baik, dalam beberapa hari ke depan," kata juru taktik 52 tahun itu, dikutip dari Football Italia, Kamis (23/3/2023).

Southgate mengakui tidak banyak menonton sepak bola di salah satu era kejayaan Negeri Spaghetti. Tayangan di TV tidak semasif sekarang. Untung ada kompetisi antarklub Eropa.

Saat itu, Southgate bisa melihat aksi Franco Baresi asal AC Milan. Kemudian Diego Maradona serta Antonio de Oliveira Filho alias Careca di Napoli. Sang arsitek tim mengetahui pentingnya Marodona bagi Naples.

"Sangat senang berada di sini. Sejarah sepak bola di kota ini sangat kaya. Napoli tim fantastis dan akan memenangkan liga. Mereka juga akan bersaing untuk menjuarai Liga Champions," ujar sosok kelahiran Watford itu.

Mengenai jalannya laga nanti, Southgate mengetahui seperti apa kualitas tuan rumah. Italia belum bisa diperkuat semua pemain kunci. Leonardo Bonucci dan Federico Chiesa harus beristirahat demi menghindari cedera yang lebih berat.

Namun Southgate enggan terfokus pada hal itu. Ia merasa Gli Azzurri akan menampilkan performa seperti biasanya. Tampil di markas sendiri, justru menambah semangat Jorginho dan rekan-rekan.

"Italia akan sangat termotivasi. Itu adalah tim yang sangat kuat meski mereka tidak lolos ke Piala Dunia 2022," kata Southgate.

Dapat mengunjungi Baitullah merupakan sebuah kebahagiaan bagi setiap Umat Muslim. Dalam satu tahun terakhir, berapa kali Sobat Republika melaksanakan Umroh?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement