Jumat 24 Mar 2023 18:48 WIB

Shin Tae-yong Kirim Pesan Khusus kepada Erick Thohir, Soal Serius

Sejauh ini, Shin baru dua kali bertemu Erick pascakongres PSSI.

Rep: Frederikus Bata/ Red: Gilang Akbar Prambadi
Pelatih timnas Indonesia U-20 Shin Tae-yong.
Foto: Dok PSSI
Pelatih timnas Indonesia U-20 Shin Tae-yong.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pelatih tim nasional Indonesia, Shin Tae-yong mengaku belum memiliki banyak waktu untuk berdiskusi dengan Ketua Umum PSSI yang baru, Erick Thohir. Keduanya baru sekali bertemu setelah Kongres Luar Biasa PSSI pada pertengahan Februari 2023.

Tentunya, hanya sedikit yang dibahas dalam pertemuan perdana antara mereka, pasca-Erick terpilih. Shin memahami situasi tokoh berusia 52 tahun itu. Seseorang dengan kesibukan tingkat tinggi.

Baca Juga

Selain mengurus PSSI, Erick juga bertatus sebagai Menteri BUMN. Masih banyak aktivitas lainnya. Itu terlihat di media sosial yang bersangkutan.

Namun Shin tetap berharap ada momen pertemuan lanjutan antara keduanya. Ini semata-mata demi merah-putih. Pembicarannya bisa mencakup hal-hal yang lebih detail mengenai geliat lapangan hijau tanah air.

"Mungkin jika ada waktu, nanti akan lebih mendalami percakapan kami, agar bisa mengembangkan sepak bola Indonesia lebih baik. Jadi harus sama-sama berusaha," ujar juru taktik asal Korea Selatan itu, dalam konferensi pers di Hotel Sultan, Jakarta, Jumat (24/3/2023).

Shin sedang mempersiapkan timnas untuk bertanding di FIFA Matchday pada Maret 2023. Pasukan garuda akan berhadapan dengan Burundi di Stadion Patriot Candrabhaga, Bekasi, sebayak dua kali dalam beberapa hari ke depan. Partai pertama berlangsung pada Sabtu (24/3/2023) malam WIB.

Kepada awak media, sang arsitek mengaku sedikit buta kekuatan lawan. Namun ia tidak berdiam diri. Ia berusaha mencari beberapa tayangan pertandingan tim berjuluk Les Hirondelles itu. "Tentu seperti tim Afrika (lainnya), punya keunikan," ujar Shin.

Selebihnya ia fokus pada kekuatan sendiri. Mantan juru taktik Korea Selatan ini mempersiapkan anak asuhnya sebaik mungkin. Sehingga bisa bermain baik nantinya.

Apalagi tampil di markas Merah-Putih. Ada banyak penggemar menanti. Jelas, pendukung garuda sangat mengharapkan Asnawi Mangkualam dan rekan-rekan memperoleh kemenangan.

"Agar tidak mengecewakan penggemar dan masyarakat Indonesia di kandang kita. Jadi selamat menonton besok," tutur Shin.

Saat ini Pasukan garuda berada di peringkat ke-151 FIFA. Sementara kubu lawan di urutan ke-141.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement