Ahad 26 Mar 2023 07:42 WIB

Harry Kane, Raja Gol Kerajaan Inggris

Kane kini hanya harus menjaga konsistensi.

Rep: Reja Irfa Widodo/ Red: Gilang Akbar Prambadi
 Harry Kane, merayakan golnya ke gawang timnas Italia bersama rekan-rekannya. Kane kini dalah Raja gol Inggris.
Foto: EPA-EFE/CIRO FUSCO
Harry Kane, merayakan golnya ke gawang timnas Italia bersama rekan-rekannya. Kane kini dalah Raja gol Inggris.

REPUBLIKA.CO.ID, LONDON -- Harry Kane resmi menyandang status sebagai pemain tersubur di sepanjang sejarah timnas Inggris. Penyerang Tottenham Hotspur itu menggeser Wayne Rooney sebagai top skorer sepanjang masa The Three Lions dengan torehan 54 gol.

Kane mencetak gol ke-54 buat timnas Inggris saat menyumbang satu gol kala Inggris membungkam Italia, 2-1, di laga perdana Grup C babak kualifikasi Piala Eropa 2024, Jumat (24/3/2023) dini hari WIB. Penyerang berusia 29 tahun itu sukses menjadi eksekutor tendangan penalti pada menit ke-44 dalam laga di Stadion Diego Armando Maradona, Naples, Italia, tersebut.

Baca Juga

Dengan gol ini, Kane unggul satu gol dari eks penyerang timnas Inggris, Wayne Rooney, dalam daftar top skorer sepanjang masa timnas Inggris. Kane total mencetak 54 gol dari 81 kesempatan merumput sejak melakoni debut bersama The Three Lions pada 2015 silam.

Pelatih Timnas Inggris, Gareth Southgate, menilai, Kane memang tampil begitu apik di laga kontra Italia. Sejak menit pertama laga, Kane telah mampu menunjukan dominasi atas para pemain bertahan Gli Azzurri. Tidak hanya itu, Kane juga mampu melakoni peran sebagai penghubung antara lini depan dan lini tengah dengan begitu baik.

Southgate menyebut, kekuatan karakter dan mental menjadi salah satu kunci keberhasilan Kane memecahkan rekor anyar di timnas Inggris. Kualitas ini begitu terlihat di laga kontra Italia.

''Anda bisa lihat, sejak awal laga, dia sudah menikmati permainannya. Untuk bisa memecahkan rekor dengan cara yang dia lakukan, terutama dalam performa terakhirnya, justru menjadi indikasi kekuatan karakter dan mentalitas yang dia miliki,'' ujar Southgate sepert idikutip Press Association, Ahad (26/3/2023).

Eks pelatih Middlesbrough itu agaknya merujuk pada kegagalan Kane mengeksekusi tendangan penalti saat Inggris berduel dengan Prancis di babak perempat final Piala Dunia 2022, akhir tahun lalu. Saat itu, Kane memiliki kesempatan mencetak gol penyeimbang kedudukan, tepatnya pada menit ke-84.

Namun, Kane gagal menaklukan penjaga gawang Prancis, Hugo Lloris, untuk kedua kalinya di laga tersebut. Ujungnya, Inggris harus rela menghentikan langkah di babak perempat final Piala Dunia 2022 usai menyerah, 1-2, di tangan Les Bleus.

Southgate cukup yakin, dalam usia 29 tahun, Kane masih mampu menajamkan rekornya sebagai pencetak gol terbanyak di sepanjang sejarah Timnas Inggris. ''Dia adalah pemain yang sangat profesional. Untuk bisa memecahkan rekor secepat ini, dia masih memiliki kesempatan untuk menegaskan posisinya dalam rekornya tersebut,'' kata Southgate.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement