Ahad 26 Mar 2023 17:13 WIB

Roberto Mancini Ungkap Rencana Rotasi Pemain Azzurri pada Laga Malta Vs Italia

Italia bertandang ke markas Malta, Senin (27/3/2023) dini hari WIB.

Rep: Reja Irfa WIdodo/ Red: Israr Itah
Pelatih timnas Italia Roberto Mancini
Foto: AP/Martin Meissner
Pelatih timnas Italia Roberto Mancini

REPUBLIKA.CO.ID, ATTARD -- Pelatih timnas Italia Roberto Mancini mengaku bakal melakukan rotasi pemain dalam skuad Gli Azzurri kala melawat ke markas Malta pada laga kedua Grup C kualifikasi Euro 2024, Senin (27/3/2023) pukul 01.45 dini hari WIB. Langkah ini dianggap sebagai respons Mancini atas kekalahan 1-2 dari Inggris pada laga perdana penyisihan Grup C, akhir pekan lalu.

Dalam duel di Stadion Diego Armando Maradona, Napoli, Italia menyerah 1-2 dari Inggris. Azzurri tertinggal lewat dua gol, masing-masing dicetak Declan Rice serta Harry Kane dan hanya mampu membalas via gol dari Matteo Retegui pada menit ke-56. Italia pun memulai perjalanan untuk mempertahankan gelar juara Piala Eropa dengan buruk.

Baca Juga

Mancini menilai, meski diunggulkan untuk bisa memetik poin penuh dari lawatan ke kandang Malta, Stadion Nasional, Italia tidak mau gegabah dalam menilai kemungkinan kejutan yang dihadirkan tim tuan rumah. Eks pelatih Manchester City itu pun akan melakukan rotasi pemain dan perubahan di starting line-up La Nazionale dibanding laga kontra Inggris.

''Saya mengantisipasi laga yang sulit. Semua laga di Eropa adalah laga sulit. Jika Anda tidak bisa membongkar pertahanan mereka, maka kesulitan itu semakin besar. Target utamanya adalah tiga poin. Kami akan melakukan perubahan di susunan pemain,'' kata Mancini seperti dikutip Football Italia, Ahad (26/3/2023).

Perubahan susunan pemain dan rotasi tersebut, ujar Mancini, tidak terlepas kondisi kelelahan yang telah dialami para pemain. Mantan pelatih Inter Milan itu pun masih harus menunggu laporan dari tim pelatih Gli Azzurri sebelum akhirnya mengambil keputusan soal susunan pemain di laga kontra Malta.

Mancini pun belum bisa memastikan soal peluang Franceso Acerbi tampil sebagai starter pada laga tersebut. Sebelumnya, bek tengah Inter Milan itu merumput sejak menit pertama di laga kontra Inggris. Bahkan, Mancini belum bisa menjamin keterlibatan pencetak satu-satunya gol Italia ke gawang Inggris, Matteo Retegui, sebagai starter di laga kontra Malta.

''Kami masih harus melihat. Kami akan mengganti sejumlah pemain lantaran faktor kelelahan. Kami mesti mengevaluasi terlebih dahulu kondisi keduanya. Dia (Retegui) layak mendapat konfirmasi. Namun, kondisi fisiknya masih harus dievaluasi,'' kata Mancini.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement