Rabu 05 Apr 2023 17:38 WIB

Torehan Gol Ronaldo Lampaui Catatan Gabungan Gol Thierry Henry dan Ronaldo Nazario

Ronaldo kini mencatatkan 834 gol sepanjang kariernya di klub dan timnas.

Rep: Rahmat Fajar/ Red: Endro Yuwanto
Cristiano Ronaldo tampil pada pertandingan sepak bola Liga Pro Saudi membela klub Al-Nassr.
Foto: EPA-EFE/STR
Cristiano Ronaldo tampil pada pertandingan sepak bola Liga Pro Saudi membela klub Al-Nassr.

REPUBLIKA.CO.ID, RIYADH -- Cristiano Ronaldo menegaskan kehebatannya saat mencetak dua gol untuk Al-Nassr ketika mengalahkan Al-Adalah di pertandingan Liga Pro Saudi, Rabu (5/4/2023) dini hari WIB. Ronaldo kini mencatatkan 834 gol dalam kariernya.

Catatan tersebut membuat Ronaldo melampaui gabungan capaian gol dua striker hebat era 2000-an, Thierry Henry dan Ronaldo Nazario, dengan total 832 gol.

Baca Juga

Ronaldo membuka skor melalui titik putih sebelum mencetak gol keduanya di laga tersebut dengan aksi individualnya melewati sejumlah pemain lawan sebelum melakukan tembakan kaki kiri. Gelandang Brasil Anderson Talisca juga mencetak dua gol ditambah satu gol dari Aymar Yahya.

Dilansir dari Sportskeeda, Rabu, Henry dan Ronaldo Nazario adalah pemain hebat di masanya. Tetapi keduanya tak bisa menandingi karier panjang kapten Portugal tersebut dan juga kebugarannya. Peraih gelar pemain terbaik dunia (Ballon d’Or) lima kali itu terhindar dari cedera panjang berkat rutinitas olahraga kebugaran yang ketat.

Henry mencetak 411 gol dan 177 assist untuk klub dan negara Prancis. Ia mewakili banyak klub besar, termasuk Arsenal, Barcelona, dan Juventus. Sementara itu, juara dunia dua kali bersama Brasil, Ronaldo Nazario telah mengumpulkan 295 gol untuk klub dan 62 gol dengan tim nasionalnya.

Ronaldo Nazario menghabiskan sebagian besar kariernya bermain untuk klub raksasa Spanyol, Real Madrid. Ia juga pernah memperkuat Barcelona, Inter Milan, dan AC Milan dalam waktu singkat. Namun capaian kedua striker legendaris itu telah jauh dilampaui oleh CR7, julukan Ronaldo asal Portugal.

Ronaldo mencatatkan 712 gol di level klub dan juga menjadi pencetak gol terbanyak di level internasional yakni 122 gol. CR7 juga pemain dengan penampilan terbanyak di level internasional, yakni lebih dari 198 pertandingan.

Rekor gol Ronaldo terus memukau para penggemar sepak bola di seluruh dunia karena ia sekarang telah mencetak setidaknya 15 gol setiap tahun sejak 2005. Itu adalah rekor luar biasa selama 19 tahun. Ia telah menemukan kembali ketajaman mencetak golnya sejak bergabung dengan klub yang berbasis di Arab Saudi, Al-Nassr, pada Januari 2023.

Ronaldo mencetak 11 gol dalam sembilan pertandingan untuk Al-Nassr. Selama jeda internasional untuk Portugal, dua gol di dua kesempatan membuat golnya menjadi 15 gol di tahun 2023.

Pada musim 2022/2023, Ronaldo mencetak 15 gol untuk dua klubnya, Manchester United dan Al-Nassr, serta lima lainnya untuk Portugal. Ia menunjukkan kemampuannya untuk mencetak gol di pentas domestik dan internasional.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement