Rabu 05 Apr 2023 21:29 WIB

Babak Pertama, Gol Witan Bawa Persija Unggul 1-0 Atas Persebaya

Persebaya sempat memberikan inisiatif serangan di menit-menit awal pertandingan.

Rep: Afrizal Rosikhul Ilmi/ Red: Endro Yuwanto
Para pemain Persija Jakarta merayakan gol.
Foto: Republika/Wihdan Hidayat
Para pemain Persija Jakarta merayakan gol.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Persebaya Surabaya tertinggal lebih dulu saat menjamu Persija Jakarta pada pekan ke-32 Liga 1 2022/2023 di Stadion Gelora Joko Samudro, Gresik, Kamis (5/4/2023) malam WIB. Gol Witan Sulaeman membawa Persija unggul 1-0 di paruh pertama dan ini sekaligus menjadi gol pertama Witan sejak bergabung dengan Persija.

Persebaya memberikan inisiatif serangan di menit-menit awal pertandingan. Serangan dilancarkan tim tuan rumah dari kedua sisi sayap. Percobaan pertana dilakukan oleh Paulo Victor di menit ke-4 tapi masih bisa diamankan oleh kiper Persija Andritany Ardhiyasa.

Baca Juga

Persija mempunyai peluang saat Dony Tri melepaskan tembakan dari sisi kiri luar kotak penalti tapi masih terlalu tinggi dari sasaran. Persija mencetak gol lebih dulu di menit ke-6 saat Witan Sulaeman menerima umpan tarik dari Firza Andika di kotak penalti. Skor 1-0 untuk Persija.

Di menit ke-17 Persija hampir menggandakan keunggulan saat Firza Andika memberikan umpan kepada Aji Kusuma yang berlari ke kotak penalti. Namun, tandukan terbang dari Aji yang mendapatkan gangguan dari Leo Silva melenceng tipis di sisi kiri gawang Persebaya.

Dony Tri mencoba bermanuver sendirian menusuk ke kotak penalti Persebaya menghadapi tiga pemain belakang tim tuan rumah. Namun, penyelesaian akhir dari Dony masih lemah dan mengarah tepat ke kiper sehingga dapat diamankan dengan mudah oleh Ernando Ari. Tapi keberanian pemain timnas Indonesia U-20 itu mendapat tepuk tangan dari pelatih Persija, Thomas Doll.

Persebaya mempunyai peluang emas untuk menyamakan kedudukan di menit ke-34 saat Brylian Aldama menerima umpan terobosan di sisi kanan serangan. Namun ia ragu untuk mengeksekusi bola ke gawang. Selanjutnya eksekusi dari Ahmad Nufiandani masih dapat diblokir dan hanya menghasilkan tendangan sudut.

Peluang susulan dimiliki Dani dari situasi tendangan sudut saat ia menerima bola liar dan dengan refleks membelokkan bola ke gawang. Namun, keberuntungan tampaknya belum berpihak kepada Dani, sepakannya masih meleset tipis di sisi kiri gawang Persija.

Pada menit ke-38, bek Persija Ondrej Kudela melakukan penyelamatan penting saat ia memblokir tembakan dari Paulo yang menerima umpan terobosan dari Brylian. Tendangan Paulo ke tiang dekat berhasil diblokir dan hanya menghasilkan tendangan sudut bagi Persebaya. Tidak ada gol tambahan tercipta hingga turun minum. Skor bertahan 1-0.

Susunan Pemain kedua tim:

Persebaya:

Ernando Ari (Kiper); Leonardo 'Lelis' Silva, Catur Pamungkas, Alta Ballah, Arizky Wahyu; Brylian Aldama, Alwi Slamat, Muhammad Hidayat; Supriadi, Ahmad Nufiandani, Paulo Victor.

Pelatih: Aji Santoso

Persija:

Andritany Ardhiyasa (kiper); Rio Fahmi, Ondrej Kudela, Hansamu Yama, Firza Andika; Syahrian Abimanyu, Resky Fandi, Hanif Sjahbandi; Dony Tri Pamungkas, Aji Kusuma, Witan Sulaeman

Pelatih: Thomas Doll.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement