Kamis 06 Apr 2023 17:52 WIB

Argentina Naik ke Peringkat Satu Ranking FIFA, Gusur Brasil ke Posisi Tiga

Prancis menempati ranking kedua peringkat FIFA.

Rep: Reja Irfa Widodo/ Red: Israr Itah
FIFA
Foto: EPA/STEFFEN SCHMIDT
FIFA

REPUBLIKA.CO.ID, ZURICH -- Timnas Argentina berhasil menggeser Brasil di posisi teratas dalam rangking teranyar Federasi Sepak Bola Internasional (FIFA) per 6 April 2023. Argentina menjad tim nomor satu dunia usai memetik kemenangan di laga FIFA Matchday, tepatnya saat menggasak Panama, 2-0, dan mencukur Huracan, 7-0, beberapa waktu lalu.

Untuk pertama kalinya sejak enam tahun lalu, Albiceleste kembali merasakan berada di urutan teratas ranking FIFA. Albiceleste naik satu peringkat usai berada di peringkat kedua rangking FIFA sebelumnya.

Baca Juga

''Kemenangan di laga persahabatan, Panama dan Curacao, membantu juara Piala Dunia 2022 itu menggesar Brasil. Kekalahan, 1-2, dari Maroko berakibat fatal buat Brasil,'' tulis pernyataan FIFA di laman resmi, Kamis (6/4/2023).

Dengan kekalahan dari Maroko tersebut, Brasil kehilangan dua poin. Tidak hanya harus menyerahkan peringkat teratas kepada Argentina, Selecao juga harus rela turun ke peringkat ketiga dan kalah bersaing dengan Prancis. 

Les Bleus mendapatkan tambahan satu poin usai memetik kemenangan di dua laga awal kualifikasi Piala Eropa 2024, kontra Belanda dan Republik Irlandia. Turunnya Brasil ke peringkat ketiga menjadi satu-satunya perubahan di tiga teratas daftar ranking tim terbaik dunia versi FIFA.

Selain perubahan tersebut tidak ada perbedaan di 10 besar ranking FIFA tersebut. Belgia tetap menempati peringkat keempat diikuti Inggris di posisi kelima dalam ranking terbaru  tersebut. Sementara di posisi 20 besar, Senegal dan Denmark berganti posisi di peringkat 18 dan 19.

Sementara, Republik Afrika Tengah menjadi negara yang mengalami peningkatan ranking FIFA paling besar hingga mencapai 10 tingkat. Dalam ranking terbaru FIFA tersebut, tim berjuluk Les Fauves du Bas-Oubangui itu menempati peringkat ke-122. Lompatan Republik Afrika Tengah mendapatkan 10 poin setelah mampu menaklukan sejumlah tim yang peringkatnya jauh lebih tinggi, seperti Madagaskar.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement