Kamis 06 Apr 2023 22:48 WIB

Timnas Basket Putra Raih Kemenangan Pertama di Australia

Yudha Saputera menjadi penyumbang poin terbanyak timnas basket Indonesia.

Rep: Fitriyanto/ Red: Israr Itah
Point guard timnas basket Indonesia Yudha Saputera
Foto: Ariya Kurniawan/Perbasi
Point guard timnas basket Indonesia Yudha Saputera

REPUBLIKA.CO.ID, LOGAN -- Kemenangan perdana diamankan timnas basket putra Indonesia dalam rangkaian uji coba tur Australia. Ini setelah pada laga kedua di Logan Sports & Events Centre di Logan, Queensland, Kamis (6/4/2023), Andakara Prastawa dkk menaklukkan Logan Thunder QSL Team 84-77.

Yudha Saputera menjadi penyumbang poin terbanyak timnas elite putra dengan 19 poin, 3 rebound, dan 5 assist. Sedangkan Yesasa Saudale mencetak 14 angka, 4 rebounds, dan 2 assist.

Baca Juga

Asisten pelatih timnas elite putra Johannis Winar menjelaskan, laga kedua tur Australia ini menurunkan komposisi yang sama dengan laga pertama kemarin. Ada 13 pemain lokal, minus Anthony Beane Jr dan Lester Prosper.

Meski mampu memproduksi kemenangan, Johannis Winar mengatakan bahwa para pemain masih membuat kesalahan yang tidak perlu. Demikian juga dengan faktor komunikasi perlu dibenahi lagi, terutama saat defense. Ini jadi pekerjaan rumah (PR) tim pelatih.

“Gim hari ini 13 pemain dimainkan. Bicara tim, untuk defense hari ini komunikasi kurang bagus dan banyak bikin foul yang tidak perlu,” ungkap arsitek yang karib disapa Ahang ini.

Namun demikian, Coach Ahang tidak menampik bahwa ada progres apik dari sisi penyerangan. Cara membangun penyerangan sudah lebih rapi.

“Dari segi offense, ball movement sudah lebih baik,” jelasnya.

Timnas elite putra melakukan tur Australia bagian dari persiapan tim menatap SEA Games 2023 Kamboja pada 5-17 Mei nanti. Targetnya, bisa mempertahankan medali emas yang diraih di SEA Games Hanoi.

Selama di Australia, sembilan uji coba dijadwalkan. Nah, usai menjajal kekuatan South West Metro Pirates dan Logan Thunder QSL Team. Rencananya timnas akan menantang Red City Roar pada 10 April nanti di Logan Sports & Events Centre. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement