Jumat 07 Apr 2023 18:24 WIB

Klopp Sebut Liverpool tak Selamanya Bisa Andalkan Tuah Anfield

Liverpool tidak pernah menang dalam empat laga terakhir.

Rep: Reja Irfa WIdodo/ Red: Israr Itah
Pelatih Liverpool Jurgen Klopp
Foto: EPA-EFE/Peter Powell
Pelatih Liverpool Jurgen Klopp

REPUBLIKA.CO.ID, LIVERPOOL -- Pelatih Liverpool Jurgen Klopp menilai, the Reds tidak bisa selamanya mengandalkan keuntungan tampil di Stadion Anfield dalam berburu kemenangan. Namun, untuk saat ini, Liverpool masih membutuhkan tuah Anfield tersebut, tepatnya saat menjamu Arsenal pada pekan ke-30 Liga Primer Inggris, Ahad (9/4/2023) malam WIB.

Menjamu pemuncak klasemen sementara Liga Primer Inggris tersebut, Liverpool memang tengah berada dalam tren negatif. Mohamed Salah dan kawan-kawan tidak pernah menang dalam empat laga terakhir di semua ajang dengan torehan tiga kekalahan dan satu hasil imbang.

Baca Juga

Hasil imbang, 0-0, saat melawat ke markas Chelsea, tengah pekan ini, menjadi catatan penampilan terakhir The Reds. Namun, The Reds memiliki kesempatan besar untuk mengakhiri tren buruk ini. Untuk pertama kalinya sejak awal bulan lalu, Liverpool akhirnya bakal tampil di Stadion Anfield.

The Reds memiliki rekor apik kala tampil di Anfield. Dari 20 laga kandang di semua ajang pada musim ini, Liverpool hanya menelan dua kekalahan. Kemenangan bersejarah, 7-0, atas Manchester United menjadi catatan penampilan terakhir Liverpool di Stadion Anfield.

Klopp sebenarnya berharap, anak-anak asuhnya bisa tampil apik, tidak hanya kala merumput di Anfield, tapi juga di kandang lawan. Secara perlahan, The Reds tidak hanya mengandalkan tuah stadion berkapasitas 54 ribu penonton tersebut untuk bisa meraih kemenangan. 

Namun, Klopp tidak menampik, untuk saat ini, tampil di Stadion Anfield memberikan semangat tersendiri buat anak-anak asuhnya. Pelatih asal Jerman itu pun berharap, tuah Stadion Anfield bisa kembali membawa Liverpool membungkam the Gunners pada laga selanjutnya.

''Anfield bukan satu-satunya hal yang bisa kami andalkan. Namun, bukan rahasia, kombinasi para pendukung, lapangan, dan para pemain kami begitu kuat. Itu hal yang bisa kami harapkan, tapi tidak terlalu mengandalkannya,'' kata Klopp seperti dikutip Sky Sports, Jumat (7/4/2023).

Setelah gagal memetik kemenangan di empat laga terakhir, Klopp berharap, kesempatan pertama tampil di Stadion Anfield dalam sebulan terakhir bisa memberi tambahan energi dan kepercayaan diri buat anak-anak asuhnya.

''Kami harus membantu paa pemain dengan berbagai cara. Laga selanjutnya di kandang. Dukungan penonton bisa menjadi dorongan terbesar,'' kata eks pelatih Borussia Dortmund itu.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement