Senin 10 Apr 2023 03:34 WIB

Man City Bersorak, Arsenal Ditahan Imbang Liverpool di Anfield

Arsenal unggul enam angka dari Man City yang punya satu laga sisa lebih banyak.

Rep: Afrizal Rosikhul Ilmi/ Red: Israr Itah
Penyerang Liverpool Mohamed Salah menjebol gawang Arsenal dalam lanjutan Liga Primer Inggris.
Foto: AP Photo/Jon Super
Penyerang Liverpool Mohamed Salah menjebol gawang Arsenal dalam lanjutan Liga Primer Inggris.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Persaingan memperebutkan gelar juara Liga Primer Inggris musim 2022/2023 makin sengit. Penyebabnya, Arsenal gagal memetik kemenangan dalam laga pekan ke-30. Bertandang ke markas Liverpool di Anfield, Ahad (9/4/2023), Arsenal dipaksa bermain imbang 2-2.

Kutukan Anfield masih menghantui Arsenal, The Gunners yang memimpin lebih dulu dengan skor 2-0 akhirnya harus menerima pulang dengan satu poin setelah ditahan imbang tuan rumah. 

Baca Juga

Tambahan satu poin membuat tim asuhan Mikel Arteta unggul enam poin dari Manchester City di posisi kedua. Namun, City masih memiliki satu laga sisa lebih banyak dibandingkan Arsenal. Ditambah, City masih akan berjumpa Arsenal pada 27 April. Arsenal juga masih menghadapi Chelsea dan Newcastle United yang berpotensi mengganjal langkah mereka.

Jalannya laga

Tuan rumah menekan Arsenal menit-menit awal pertandingan. Cody Gakpo mendapatkan peluang dan melepaskan tembakan spekulasi ke sudut kanan atas pada menit keenam, tapi bola melambung tinggi ke tribun. Dua menit berselang, Liverpool justru kecolongan.

Tim tamu bermanuver dengan kerja sama tiga pemain, yakni Bukayo Saka, Martin Odegaard dan Gabriel Martinelli. Saka melaju ke arah pertahanan Liverpool dan mencoba bermain satu-dua dengan Odegaard. Bola liar masuk ke jalur Martinelli, lalu dengan luar biasa menyodok melewati Alisson.

Arsenal hampir menggandakan keunggulan pada menit ke-17 saat Gabriel Jesus menerima umpan silang Saka yang menusuk ke dalam kotak penalti dan lebih dekat ke garis gawang. Namun setelah upayanya, pemain depan ini hanya bisa mengirim bola melewati mistar gawang.

Pada menit ke-20, Fabinho memberikan bola yang menyenangkan untuk Robertson, dan bek sayap mengarahkan pandangannya ke sudut jauh. Namun tandukannya melebar dan dia telah menyia-nyiakan peluang bagus untuk menyamakan kedudukan bagi Liverpool.

Granit Xhaka mengumpan bola di belakang Trent Alexander-Arnold untuk Martinelli, yang kemudian melepaskan umpan silang yang menyenangkan ke area penalti. Jesus berada di ruang kosong dan sundulannya terbang ke pojok kanan bawah untuk menggandakan keunggulan The Gunners pada menit ke-28. Skor 2-0 untuk Arsenal.

Setelah beberapa percobaan yang gagal, Mohamed Salah berhasil memperkecil kedudukan di menit ke-42. Ia berhasil memaksimalkan bola yang dibelokkan Henderson ke sisi kanan gawang Arsenal. Salah sejatinya berada dalam penjagaan bek, tapi ia lebih sigap membaca arah bola dan meneruskannya ke gawang. Skor 2-1 bertahan hingga turun minum.

Liverpool memulai babak kedua dengan lebih agresif. Mereka menekan dengan kombinasi serangan di sisi kanan melalui Salah, Gakpo dan Henderson. Upaya itu berakhir dengan penyelesaian dari Salah ke sudut sempit di sisi kanan ke gawang. 

Wasit menunjuk titik putih di kotak penalti Arsenal saat tercipta kemelut dari situasi tendangan sudut di menit ke-52. Holding dianggap menjatuhkan Diogo Jota saat keduanya mengejar bola. Salah mengeksekusi penalti dengan tendangan mendatar ke sisi kiri, tapi peluang emas itu terbuang sia-sia karena tendangannya melebar tipis.

Salah berpeluang untuk menebus tendangan penaltinya yang gagal ketika melepaskan tembakan ke arah gawang dengan kaki kirinya ketika menerima umpan di sisi kanan kotak penalti. Tetapi Ramsdale mampu mengagalkan usahanya, itu penyelamatan yang baik dari sang penjaga gawang. 

Liverpool terus menekan hampir di sepanjang babak kedua. Hingga menit ke-72, tuan rumah memiliki 61,2 persen penguasaan bola dan enam tembakan berbanding satu tembakan lawan mereka sejak turun minum. Namun Arsenal bertahan dengan baik dari gelombang serangan tersebut. 

Selain bertahan, The Gunners juga mampu menciptakan peluang dari serangan balik. Peluang emas tercipta saat Odegaard menerima umpan jauh dan berlari cepat ke area pertahanan lalu mencoba mengunpan ke sudut jauh, tetapi Alisson berhasil mengamankan bola dari samabaran Saka.

Nunez memiliki peluang emas di menit ke-81 saat ia menerima umpan terobosan dari Salah. Ia berlari menuju kotak penalti, tapi Ramsdale mengambil keputusan tepat untuk meninggalkan posisinya. Sontekan mendatar Nunez berhasil diblokir oleh Ramsdale untuk menggagalkan peluang tersebut. 

Liverpool berhasil menyamakan kedudukan di menit ke-87. Upaya yang baik dari Alexander-Arnold saat dia melewati bek Arsenal di sisi kanan kotak penalti kemudian mengumpan ke tengah kotak penalti. Firmino memaksimalkan umpan tersebut dengan tandukan untuk menyamakan kedudukan menjadi 2-2.

Salah hampir membalikkan keadaan di menit-menit akhir saat ia melepaskan tembakan ke tiang jauh. Namun Ramsdale melakukan penyelamatan penting. Skor bertahan 2-2 hingga peluit panjang tanda pertandingan berakhir ditiup oleh wasit.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement