Senin 10 Apr 2023 16:24 WIB

Bidik 4 Emas SEA Games 2023, Tim Bulu Tangkis Indonesia Tampilkan Atlet Gabungan

PBSI menilai target empat medali emas merupakan tanggung jawab berat.

Kepala Bidang Pembinaan dan Prestasi PP PBSI, Rionny Mainaky.
Foto: DOK PBSI
Kepala Bidang Pembinaan dan Prestasi PP PBSI, Rionny Mainaky.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Tim nasional (timnas) bulu tangkis Indonesia akan menurunkan susunan atlet junior dan senior demi mewujudkan target empat medali emas dari ajang SEA Games ke-32 di Phnom Penh, Kamboja, pada 5-17 Mei 2023. Kepala Bidang Pembinaan dan Prestasi PP PBSI Rionny Mainaky, menyebutkan bahwa timnas bulu tangkis tidak akan main-main dalam agenda olahraga multicabang terbesar se-Asia Tenggara tersebut.

"Dengan target empat medali emas, saya rasa ini adalah tim yang kuat karena beberapa dari mereka akhir-akhir ini menampilkan prestasi yang cukup baik," kata Rionny dalam informasi resmi di Jakarta, Senin (10/4/2023).

PBSI menilai target empat medali emas merupakan tanggung jawab berat sehingga pengurus dan tim pelatih memutuskan menggabungkan kekuatan senior dan junior untuk memenuhi target tersebut. Selain itu, kekuatan tim juga terbagi dengan adanya turnamen Piala Sudirman 2023 yang hampir berbarengan, yaitu pada 14-21 Mei di Suzhou, Cina.

Chico Aura Dwi Wardoyo dan Shesar Hiren Rhustavito akan menjadi ujung tombak di tunggal putra, ditemani Christian Adinata dan runner-up Osaka International Challenge 2023 Alwi Farhan.

Pada sektor tunggal putri, kuartet Komang Ayu Cahya Dewi, Ester Nurumi Tri Wardoyo, Stephanie Widjaja, dan Mutiara Ayu Puspitasari menjadi andalan.

Lalu untuk ganda putra, duet Bagas Maulana/Muhammad Shohibul Fikri dan Pramudya Kusumawardana/Yeremia Erich Yoche Yacob Rambitan dipercaya untuk mendulang medali emas, baik pada kategori beregu putra maupun perorangan.

Sementara pada ganda putri, Febriana Dwipuji Kusuma/Amalia Cahaya Pratiwi dan rising star Rachel Allessya Rose/Meilysa Trias Puspitasari dipilih menjadi wakil Indonesia.

Untuk ganda campuran, skuad Merah Putih berharap pada pasangan Rehan Naufal Kusharjanto/Lisa Ayu Kusumawati dan Zachariah Josiahno Sumanti/Hediana Julimarbela.

"Kami memang membagi kekuatan dengan tim ke Piala Sudirman. Memang di Piala Sudirman kami turunkan pemain utama, tapi yang ini juga tidak kalah. Levelnya sudah sama, prestasinya juga sudah mendekati," kata Rionny menjelaskan.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement