Selasa 11 Apr 2023 07:41 WIB

Sikut Wajah Bek Tengil Liverpool, Asisten Wasit Constantine Hatzidakis Diberi Sanksi Ini

PGMOL berjanji akan melakukan penyelidikan secara menyeluruh kepada wasit itu.

Rep: Rahmat Fajar/ Red: Gilang Akbar Prambadi
Pemain Liverpool Andrew Robertson (kiri) dengan asisten wasit Constantine Hatzidakis dalam laga Liverpool kontra Arsenal di Liga Primer Inggris.
Foto: EPA-EFE/PETER POWELL
Pemain Liverpool Andrew Robertson (kiri) dengan asisten wasit Constantine Hatzidakis dalam laga Liverpool kontra Arsenal di Liga Primer Inggris.

REPUBLIKA.CO.ID, LONDON -- Professional Game Match Officials Board (PGMOL) atau badan yang bertanggung jawab atas penugasan ofisial pertandingan di sepak bola Inggris akan menskorsing sementara asisten wasit Constantine Hatzidakis. Sanksi ini diberikan sampai penyelidikan dugaan sikutan ke wajah bek sayap Liverpool Andy Robertson selesai dilakukan. Dia tak akan memimpin pertandingan sepak bola apapun selama proses penyelidikan berlangsung.

Aksi yang dilakukan oleh Hatzidakis kepada Robertson terjadi saat pertandingan Liverpool melawan Arsenal dalam pertandingan Liga Inggris akhir pekan kemarin. Itu terjadi setelah pluit babak pertama ditiup.

Robertson merasa asisten wasit itu menggunakan sikunya ke arah wajahnya sehingga ia marah dan menghampiri Hatzidakis. Namun pemimpin pertandingan Paul Tierney yang tak melihat insiden tersebut memperingatkan Robertson. PGMOL langsung bergerak atas dugaan pelanggaran yang dilakukan anggotanya itu.

"PGMOL tidak akan menunjuk Constantine Hatzidakis untuk pertandingan di kompetisi mana pun yang dilayaninya sementara FA menyelidiki insiden yang melibatkan asisten wasit dan bek Liverpool Andrew Robertson di Anfield," demikian pernyataan badan wasit itu, dilansir dari Anadolu Agency, Selasa (11/4/2024). 

Dalam kejadian itu, Robertson memang tampak bersikap kuranh ajar dengan memprovokasi Hatzidakis. 

Sebelum keputusan menskorsing sementara Hatzidakis, PGMOL berjanji akan melakukan penyelidikan secara menyeluruh. Tensi pertandingan memang berlangsung panas. Tak hanya insiden antara Robertson dengan hakim garis itu. Granit Xhaka juga terlibat pertengkaran dengan bek Liverpool Tren Alexander-Arnold.

The Reds sempat tertinggal 0-2 dari Arsenal setelah Gabriel Martinelli dan Gabriel Jesus mencetak gol. Tuan rumah memperkecil ketertinggalan menjadi 1-2 sebelum turun minum. Mereka akhirnya menyamakan kedudukan 2-2 berkat gol yang dicetak oleh striker veteran asal Brazil Roberto Firmino.

Hasil ini membuat Liverpool tetap tertahan di posisi kedelapan klasemen Liga Inggris dengan  nilai 44 poin atau terpaut 12 poin dari tim peringkat keempat Manchester United. Sementara Arsenal tetap di puncak klasemen namun kini terpangkas jaraknya dengan tim peringkat kedua Manchester City menjadi enam poin. 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement