Selasa 11 Apr 2023 15:52 WIB

Kisah Inspiratif Bek Real Madrid dalam Menjalani Ibadah Puasa Ramadhan

Antonio Ruediger dikenal sebagai salah satu pesepak bola Muslim yang taat.

Rep: Anggoro Pramudya/ Red: Endro Yuwanto
 Pemain belakang Real Madrid, Antonio Rudiger, yang memeluk agama Islam.
Foto: AP/Manu Fernandez
Pemain belakang Real Madrid, Antonio Rudiger, yang memeluk agama Islam.

REPUBLIKA.CO.ID, MADRID -- Kisah inspiratif terpancar dari bek tengah Real Madrid, Antonio Ruediger, dalam upayanya menjalani puasa di bulan suci Ramadhan. Meski masih harus bermain sepak bola, Ruediger mengaku tetap fokus selama mengerjakan ibadah tersebut.

"Ketika Ramadhan, saya berbicara dengan ahli gizi, itu yang paling penting untuk mengetahui apa yang harus saya makan, berapa banyak yang diminum," kata Ruediger kepada Marca dilansir akun Twitter @SeputarMadrid, Selasa (11/4/2023).

Baca Juga

Ruediger merupakan salah satu pesepak bola Muslim top dunia yang kini membela Real Madrid. Sebagai seorang Muslim, ia pun turut menjalani puasa di bulan uci Ramadhan.

Harus menjalani puasa sambil berkegiatan berat seperti sepak bola, Ruediger menegaskan dirinya tidak pernah merasa tertekan atau keberatan. Pasalnya, pesepak bola asal Jerman itu sudah terbiasa menjalankan ibadah puasa sambil bermain atau berlatih dengan si kulit bundar.

"Apakah bulan Ramadhan banyak mempengaruhi pemain sepak bola? Bagi saya, tidak. Saya sudah terbiasa, saya tidak makan atau minum apa pun, saya berkomitmen," sambung pemain berusia 30 tahun itu.

Lebih lanjut eks pemain Chelsea itu menyebut, mentalitas menjadi salah satu senjata utama yang dimiliki, di samping komitmen setiap Muslim untuk menjalani puasa di bulan Ramadhan.

Ruediger sendiri memang dikenal sebagai salah satu pesepak bola Muslim yang taat. Ketaatannya dalam menjalani ibadah tak hanya terlihat kala membela Real Madrid, tetapi juga di klub lamanya, yakni Chelsea.

Lantas Ruediger ditanya oleh tim Marca seberapa sering ia melakukan ibadah setiap harinya. "Lima kali, lima kali dalam satu hari," singkat Ruediger sambil meninggalkan kursi wawancara untuk melakukan Shalat Ashar.

Saat ini, Ruediger dan Madrid tengah bersiap menjalani laga krusial versus Chelsea leg pertama perempat final Liga Champions 2022/2023 di Estadio Santiago Bernabeu, Kamis (13/4/2023).

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement