Rabu 12 Apr 2023 17:53 WIB

Haaland Siap Pecahkan Lebih Banyak Rekor Lagi

Haaland mencetak 45 gol dalam semusim, mengalahkan Mohamed Salah dan Van Nistelrooy.

Erling Haaland of Manchester City reacts during the UEFA Champions League quarter final 1st leg match between Manchester City and Bayern Munich in Manchester, Britain, 11 April 2023.
Foto: EPA-EFE/PETER POWELL
Erling Haaland of Manchester City reacts during the UEFA Champions League quarter final 1st leg match between Manchester City and Bayern Munich in Manchester, Britain, 11 April 2023.

REPUBLIKA.CO.ID, LONDON -- Mesin gol Manchester City, Erling Haaland, kembali mencetak rekor pada Rabu (12/4/2023) dini hari WIB dengan menjadi pemain Liga Primer Inggris pertama yang mencetak 45 gol dalam satu musim. Pemain asal Norwegia itu pasti akan mencapai lebih banyak pencapaian dalam musim pertamanya di Inggris.

Haaland menyempurnakan penampilan City yang luar biasa dengan mencetak gol ketiga dalam kemenangan 3-0 timnya atas Bayern Munchen di leg pertama perempat final Liga Champions di Stadion Etihad.

Baca Juga

Gol tersebut membawanya melewati 44 gol yang dicetak Ruud van Nistelrooy dari Manchester United dan Mohamed Salah dari Liverpool untuk tim mereka pada musim 2002/03 dan 2017/18. Hebatnya, ia hanya butuh 39 pertandingan, 13 lebih sedikit daripada yang dicetak Van Nistelrooy dan Salah, untuk mewujudkannya.

Pemain kasta tertinggi Inggris terakhir yang mencetak lebih banyak gol dalam satu musim adalah Clive Allen untuk Tottenham Hotspur pada 1986-87 ketika dia mencetak 49 gol dan itu akan menjadi target Haaland berikutnya. Ia juga butuh lima gol lagi untuk mengalahkan rekor Alan Shearer dan Andy Cole yang mencetak 34 gol dalam satu musim Liga Primer.

Dengan City yang masih mengejar tiga trofi, orang menerka-nerka seberapa jauh Haaland, jika tidak mengalami cedera, akan menambah golnya.

Dengan tingkat golnya saat ini, pembicaraan mengenai 60 gol untuk musim ini mungkin terlihat konservatif, meskipun mungkin 73 gol Lionel Messi untuk Barcelona di semua kompetisi pada 2011-12, termasuk 50 gol di La Liga, mungkin berada di luar jangkauan.

"Setiap tim harus takut dengan pemain ini karena dia adalah seorang monster. Dia adalah monster, selamat untuk Manchester City yang telah merekrutnya," ujar mantan striker Bayern Munich dan Jerman, Mario Gomez, kepada BT Sport.

Gol ke-45 Haaland juga merupakan rekor pribadi bagi pemain berusia 22 tahun itu, yang telah mencetak total 44 gol pada 2019-20 (28 untuk Salzburg dan 16 untuk Borussia Dortmund).

Itu juga merupakan gol ke-11 di Liga Champions musim ini, hanya satu gol di belakang rekor pemain Liga Primer lainnya dengan 12 gol yang dicetak oleh Van Nistelrooy pada kompetisi 2002/03.

Jika ia berhasil memecahkan rekor Cristiano Ronaldo dengan 17 gol Liga Champions dalam satu musim, City mungkin akan merayakan keberhasilan mereka meraih penghargaan terbesar di Eropa.

"Haaland memberikan keyakinan yang mungkin tidak kami miliki di tahun-tahun sebelumnya karena dia memiliki sikap pembunuh. Orang-orang seperti dia dilahirkan untuk memenangkan trofi seperti Liga Champions," kata penggemar fanatik City, Steven McInerney, yang menjadi pembawa acara di kanal YouTube Esteemed Kompany, kepada BBC. "Selalu ada peluang ketika Anda memiliki dia karena dia sangat spesial."

sumber : Reuters
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement