Rabu 12 Apr 2023 21:32 WIB

Markas MU Old Trafford Dicoret dari Daftar Stadion Euro 2028

Inggris dan Irlandia mencalonkan sebagai tuan rumah Euro 2028.

Rep: Fitriyanto/ Red: Israr Itah
Stadion Old Trafford
Foto: ROL/Sadly Rachman
Stadion Old Trafford

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Sebanyak 10 stadion yang akan menjadi tuan rumah Euro 2028 telah diumumkan. Yang mengejutkan, Old Trafford milik Manchester United tidak masuk dalam daftar.

Rencana turnamen sepak bola Benua Biru  diumumkan secara resmi pada Maret tahun lalu, dengan daftar pendek stadion yang akan digunakan akan diumumkan kemudian.

Baca Juga

Daftar tersebut akhirnya dipangkas menjadi 14 stadion. Pada Rabu (12/4/2023), 10 stadion yang akan menjadi tuan rumah turnamen - jika Inggris dan Irlandia menang - diumumkan.

Old Trafford, stadion terbesar kedua di Inggris, termasuk dalam daftar awal. Namun, dalam sebuah langkah yang mungkin mengejutkan beberapa orang, stadion ini dicoret. Sebaliknya Etihad, kandang dari rival MU, Manchester City, berhasil lolos.

Dua stadion yang belum dibangun telah dimasukkan, yaitu stadion baru Everton di Bramley Moore Dock dan Casement Park di Belfast, yang harus dibangun karena kandang Irlandia Utara saat ini, Windsor Park, terlalu kecil untuk memenuhi persyaratan UEFA.

Wembley, Stadion Tottenham Hotspur, St James' Park milik Newcastle dan Villa Park milik Aston Villa adalah stadion-stadion lain di Inggris yang akan menjadi tuan rumah bagi turnamen yang diikuti oleh 24 tim ini.

Negara-negara tuan rumah lainnya akan mendapatkan masing-masing satu stadion di Cardiff, Hampden Park di Glasgow, dan Aviva di Dublin.

Wembley dan Hampden Park menjadi tuan rumah beberapa pertandingan selama Euro 2020, termasuk semifinal dan final.

Aviva juga ditetapkan sebagai tuan rumah pertandingan, namun digantikan oleh Stadion Krestovsky di Saint Petersburg, Rusia pada bulan-bulan sebelum turnamen karena dampak pandemi COVID-19.

Stadion London milik West Ham, Stadium of Light milik Sunderland dan Croke Park di Dublin adalah tempat lain yang dicoret dari penawaran.

Inggris dan Irlandia diperkirakan akan memenangkan hak untuk menjadi tuan rumah Euro 2028. Satu-satunya saingan mereka berasal dari Turki yang telah gagal dalam upaya untuk menjadi tuan rumah empat turnamen terakhir dan juga Euro 2024.

Sebuah pernyataan FA berbunyi: 'Lapangan sepak bola berkapasitas tinggi dan terkenal di dunia serta tempat baru yang canggih akan menyediakan platform untuk Euro terbesar dan paling sukses secara komersial yang pernah ada - membuat kami menjadi tuan rumah dengan risiko rendah dan imbalan tinggi."

Stadion-stadion untuk Euro 2028 di Inggris dan Irlandia: 

1. Stadion Wembley, London (kapasitas 90.652)

2. Stadion Principality, Cardiff (73.952)

3. Stadion Tottenham Hotspur, London (62.322)

4. Stadion Etihad, Manchester (61.000)

5. Stadion Everton, Liverpool (52,679)*

6. St James' Park, Newcastle (52,305)

7. Villa Park, Birmingham (52,190)

8. Hampden Park, Glasgow (52.032)

9. Stadion Aviva, Dublin (51,711)

10. Casement Park, Belfast (34,500)*

 

*Dalam tahap pembangunan

Dapat mengunjungi Baitullah merupakan sebuah kebahagiaan bagi setiap Umat Muslim. Dalam satu tahun terakhir, berapa kali Sobat Republika melaksanakan Umroh?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement