Rabu 12 Apr 2023 21:05 WIB

Raih 9 Gelar Juara Sejauh Ini, PBSI Berharap Bisa Terus Tingkatkan Prestasi

PBSI juga berbangga dengan perkembangan atlet tunggal putri Gregoria Mariska Tunjung.

Rep: Fitriyanto/ Red: Israr Itah
Gregoria Mariska Tunjung dari Indonesia merayakan kemenangan final putri di Madrid Spain Badminton Masters di Madrid, Spanyol, (02/4/2023).
Foto: EPA-EFE/SERGIO PEREZ
Gregoria Mariska Tunjung dari Indonesia merayakan kemenangan final putri di Madrid Spain Badminton Masters di Madrid, Spanyol, (02/4/2023).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Tahun 2023 sudah memasuki bulan keempat atau April. Beberapa turnamen penting sudah dilewati tim bulu tangkis Indonesia dengan hasil yang cukup memuaskan, yakni meraih sembilan gelar juara. Hal itu disampaikan Wakil Sekretaris Jenderal PP PBSI Edi Sukarno.

"Manifestasi prestasi PBSI sejauh ini berjalan sesuai dengan rencana. Kami meraih sembilan gelar juara, termasuk dalam turnamen-turnamen penting seperti Malaysia Open, Indonesia Masters, dan All England," kata Edi dalam acara buka puasa bersama dengan awak media di Pelatnas PBSI Cipayung, Jakarta Timur, Rabu (12/4/2023).

Baca Juga

"Kami juga hampir selalu menempatkan wakil di babak-babak akhir setiap turnamen yang  diikuti," lanjutnya. 

Selain pencapaian prestasi, Edi juga berbangga dengan perkembangan atlet tunggal putri Gregoria Mariska Tunjung yang sukses meraih gelar World Tour pertamanya. Begitu pula dengan perkembangan positif atlet-atlet muda yang disiapkan untuk generasi penerus.

"Kita juga harus berbangga karena akhirnya tunggal putri Gregoria Mariska Tunjung sukses meraih juara World Tour pertamanya di Spain Masters 2023. Ini merupakan modal penting sektor tunggal putri dalam mengarungi turnamen-turnamen penting ke depan," ucap Edi.

Ia mengatakan, perkembangan pemain-pemain muda pun cukup menggembirakan. Di tunggal putra Alwi Farhan menunjukkan performa maksimal di Osaka International Challenge 2023. Sementara di ganda campuran Jafar Hidayatullah/Aisyah Salsabila Putri Pranata berhasil merebut gelar juara di Vietnam International Challenge 2023.

Ke depan, PBSI dihadapkan dengan padatnya turnamen-turnamen penting dan bergengsi yang akan masuk dalam penghitungan poin kualifikasi Olimpiade Paris 2024. Namun sebelum ke sana, PBSI akan fokus dahulu pada tiga turnamen terdekat, yaitu Kejuaraan Asia, SEA Games di Kamboja, dan Piala Sudirman 2023.

"Kami membagi dua tim dengan kekuatan yang sama demi meraih hasil maksimal di kedua turnamen tersebut. Namun sebelum ke sana, kami akan mengirim pemain-pemain terbaik ke Kejuaraan Asia perorangan di Dubai, Uni Emirat Arab pada 25-30 April ini," ujarnya.

Edi berharap, hasil positif bisa kembali diraih tim bulu tangkis Indonesia di tiga tumamen tersebut. Apalagi persiapan sudah digeber sejak dua pekan lalu. 

"Persiapan sudah mulai dilakukan, hanya beberapa yang belum bergabung setelah ikut turnamen Orleans Masters 2023 pekan lalu. Semoga kita bisa mendapat hasil yang maksimal. Bertanding untuk menang," kata Edi.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement