Jumat 14 Apr 2023 05:30 WIB

Indra akan Pilih Pemain untuk Berangkat ke SEA Games dari Laga Uji Coba

Timnas U-22 akan berhadapan dua kali dalam uji coba kontra Lebanon.

Rep: Afrizal Rosikhul Ilmi/ Red: Israr Itah
Pelatih Timnas U-22 Indra Sjafri memberikan arahan saat memimpin sesi latihan di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta, Kamis (13/4/2023). Latihan tersebut dalam rangka jelang pertandingan melawan Timnas Lebanon pada uji coba internasional persiapan SEA Games 2023.
Foto: Antara/Hafidz Mubarak A
Pelatih Timnas U-22 Indra Sjafri memberikan arahan saat memimpin sesi latihan di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta, Kamis (13/4/2023). Latihan tersebut dalam rangka jelang pertandingan melawan Timnas Lebanon pada uji coba internasional persiapan SEA Games 2023.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pelatih timnas Indonesia U-22 Indra Sjafri senang Lebanon bersedia menjadi lawan tanding dalam dua laga uji coba menjelang SEA Games 2023 di Kamboja. Laga tersebut akan digelar di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta pada 14 dan 16 April 2023. Indra akan menilai kualitas para pemain pada laga tersebut dan menentukan 20 pemain terpilih yang akan diboyong ke Kamboja. 

"Terima kasih Lebanon yang mau hadir untuk memenuhi undangan PSSI dalam rangka uji coba dengan timnas U-22 SEA Games. Tentu uji coba ini akan kami pergunakan semaksimal mungkin. Pertama untuk menentukan siapa 20 orang terbaik yang dibawa ke SEA Games, karena memang sesuai regulasi SEA Games hanya boleh 20 pemain," kata Indra dalam konferensi pers jelang laga di Hotel Sultan, Jakarta, Kamis (13/4/2023).

Baca Juga

Selain dua laga melawan Lebanon, skuad Garuda Nusantara juga melakoni dua laga melawan tim lokal. Sebelumnya, Rizky Ridho dkk telah melakukan uji tanding melawan Bhayangkara FC pada Selasa (11/4/2023). Selanjutnya pada uji coba terakhir, yakni pada 18 April 2023, skuad besutan Indra Sjafri direncanakan akan menghadapi juara Liga 1 2022/2023 PSM Makassar. 

Indra mengatakan keempat laga uji coba itu dilakukan untuk mematangkan game plan tim selama berlaga di SEA Games.

Setelah pertandingan melawan Bhayangkara beberapa waktu lalu, pelatih asal Sumatera Barat itu mengaku semakin memahami kualitas dari 34 pemainnya. Dengan pertandingan-pertandingan yang akan selanjutnya, ia memastikan akan semakin mengerucutkan pilihan.

"Laga ini akan sebagai simulasi untuk SEA Games. Saya bersyukur SEA Games kali ini tidak seperti saya ikuti di Filipina, karena begitu ketat jadwal pertandingan. Mudah-mudahan empat laga uji coba ini bisa diambil manfaat," kata Indra. "Pertandingan nanti kami akan mengerucutkan sesuai dengan regulasi pergantian tidak bebas lagi, dari sisi formasi pemain, pemain yang mengisi posisi tersebut akan dikerucutkan, yang akan diisi pemain terbaik," ujarnya menambahkan. 

Timnas sepak bola putra Indonesia akan bergabung dalam Grup A bersama tuan rumah Kamboja, Myanmar, Filipina, dan Timor Leste. Indonesia punya harapan untuk mengakhiri penantian 32 tahun setelah terakhir kali menyabet emas di cabang olahraga (Cabor) sepak bola SEA Games terjadi pada tahun 1991. Indra yang pernah membawa pulang medali perak diharapkan bisa meraih emas pada edisi kali ini.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement