Jumat 14 Apr 2023 13:09 WIB

Juventus Susah Payah Kalahkan Sporting, Allegri Akui Keputusannya Kurang Tepat

Juventus keteteran menandingi agresivitas lini tengah Sporting.

Rep: Frederikus Bata/ Red: Endro Yuwanto
Pelatih Juventus, Massimiliano Allegri.
Foto: EPA-EFE/Alessandro Di Marco
Pelatih Juventus, Massimiliano Allegri.

REPUBLIKA.CO.ID, TURIN -- Juventus meraih hasil positif pada leg pertama perempat final Liga Europa musim ini. Juve unggul tipis 1-0 atas Sporting CP di Stadion Allianz, Turin, Jumat (14/4/2023) dini hari WIB.

Gol tunggal kemenangan tuan rumah tercipta di menit ke-73. Berawal dari situasi sepak pojok, terjadi kemelut. Bek Bianconeri yang mendapatkan bola, Federico Gatti menaklukkan kiper lawan dari jarak dekat.

Baca Juga

Meski menang, Juventus lebih banyak mendapatkan tekanan. Pelatih Juve, Massimiliano Allegri, mengakui keputusannya menempatkan lebih banyak pemain menyerang di starting XI, kurang tepat. Itu membuat Juve keteteran menandingi agresivitas lini tengah the Lions.

"Saya selalu mengatakan, sepak bola bukan matematika. Saya memutuskan memainkan ketiganya di depan (Arkadiusz Milik, Federico Chiesa, dan Angel Di Maria). Kami sering tidak menunjukkan keseimbangan melawan rival kuat seperti Sporting," kata Allegri, dikutip dari laman resmi UEFA.

Formasi demikian membuat Juventus hanya memainkan dua gelandang murni, yakni Adrien Rabiot dan Manuel Locatelli. Juan Cuadrado serta Filip Kostic lebih banyak melebar, karena keduanya merupakan winger. Setelah turun minum, terjadi perubahan.

Allegri memasukkan Nicolo Fagioli pada menit ke-62, menggantikan Kostic. Itu membuat Chiesa mendapat dukungan yang cukup dari lini tengah, di sisi kiri. Secara permainan, Juve mulai bisa mengimbangi tekanan kubu tamu.

"Kami tampil lebih baik di babak kedua dengan tiga gelandang. Sporting menekan tinggi, dan seiring berjalannya waktu, mereka kehilangan intensitas. Ini penampilan bagus karena tidak mudah menang dengan tidak kebobolan," ujar juru taktik kelahiran Livorno ini.

Petualangan belum berakhir. Juventus masih harus berjuang keras untuk mengamankan tempat di semifinal. Pekan depan leg kedua berlangsung di Portugal.

Tepatnya di Stadion Jose Alvalade, Lisbon, Jumat (21/4/2023) dini hari WIB. Sejenak lepaskan ketegangan di Eropa. Berikutnya Juve menghadapi Sassuolo di pentas Serie A Liga Italia.

Laga ini dimainkan di markas I Neroverdi, Mapei Stadium-Citt del Tricolore, Emilia-Romagna, Ahad (16/4/2023) malam WIB. Tak ada target lain bagi Bianconeri. JUve harus meraih poin penuh jika ingin menembus papan atas klasemen akhir liga domestik.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement