Sabtu 15 Apr 2023 11:39 WIB

Erling Haaland Rupanya Getol Tonton Aksi Striker Dunia, Jamie Vardy Masuk di Dalamnya

Haaland berpeluang adu ketajaman dengan Vardi saat Man City menghadapi Leicester City

Rep: Fitriyanto/ Red: Israr Itah
Erling Haaland of Manchester City reacts during the UEFA Champions League quarter final 1st leg match between Manchester City and Bayern Munich in Manchester, Britain, 11 April 2023.
Foto: EPA-EFE/PETER POWELL
Erling Haaland of Manchester City reacts during the UEFA Champions League quarter final 1st leg match between Manchester City and Bayern Munich in Manchester, Britain, 11 April 2023.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Penyerang Manchester City, Erling Haaland, telah menonton klip-klip dari para penyerang kelas atas dunia. Bagi Haaland, nama Jamie Vardy ternyata masuk di dalamnya. Ia melihat Vardy untuk meningkatkan kemampuannya dalam mengambil keputusan saat harus berlari melewati pemain bertahan.

Haaland, yang mengaku sebagai pecandu sepak bola, terobsesi untuk meningkatkan permainannya secara keseluruhan. Striker asal Norwegia ini tidak hanya menjalani diet ketat yang terdiri dari lasagna buatan ayahnya. Ia juga sering melakukan lebih dari itu dalam hal mempelajari para pemain, seperti dikutip dari Sportbible.

Baca Juga

Pada tahun 2020, Haaland mengungkapkan bahwa ia terinspirasi oleh Cristiano Ronaldo saat ia tumbuh dewasa dan menjadikan mantan penyerang Manchester United dan Real Madrid tersebut sebagai tolok ukur.

"Saya ingin sekali bertemu dengannya dan mengatakan kepadanya bahwa saya menjadi pesepakbola berkat dia," katanya. "Bagi saya, dia selalu menjadi panutan."

Haaland juga mengatakan kepada ViaPlay bahwa ia mengambil kualitas-kualitas dari Zlatan Ibrahimovic ke dalam permainannya.

"Saya telah melihat banyak hal baik yang ia lakukan," katanya. "Bagaimana dia bermain, mentalitasnya yang datang dari nol di Malmö, bagaimana dia bekerja keras sebagai seorang pemuda di Malmo. Dia luar biasa. Gol tendangan karate dan hal-hal semacam itu. Menjadi begitu besar dan begitu fleksibel. Sikapnya adalah salah satu yang terbaik yang pernah ada dalam sepak bola," ujarnya.

Pemain berusia 22 tahun ini sangat terbuka tentang keinginannya untuk belajar dan berkembang. Dan saat berbicara dengan Sky Sports, penyerang Manchester City ini merujuk pada Jamie Vardy dari Leicester sebagai contoh.

"Saya sudah, bukan belajar, tapi menonton banyak pemain," katanya tahun lalu. "Mari kita ambil contoh: berlari di belakang bek tengah ketika pemain nomor 10 menguasai bola. Anda mungkin memiliki yang terbaik di dunia dalam hal itu [dalam diri] Jamie Vardy, saya telah banyak melihat dia dalam hal ini," tegasnya.

"Begitulah saya, saya selalu menonton banyak sepak bola. Saya masih melakukannya. Ketika kami bermain pada hari Sabtu, saya pulang ke rumah dan pada hari Minggu saya menonton sepak bola sepanjang hari. Saya selalu sangat menyukai sepak bola." 

Haaland berpotensi untuk menghadapi Vardy dalam pertandingan Liga Primer pada Sabtu (15/4/2023) antara Manchester City dan Leicester City di Stadion Etihad, saat tim asuhan Pep Guardiola mencoba untuk menekan Arsenal.

Yang cukup menarik, pemain bertahan Liverpool, Virgil van Dijk, pernah membandingkan Vardy dengan Haaland saat masih membela Borussia Dortmund.

"Haaland adalah striker yang istimewa, dia kuat, dia cepat dan dia memiliki semua atribut untuk membuat hidup seorang bek menjadi sangat, sangat sulit," kata van Dijk kepada Sky Sports.

"Pertama kali [bermain melawan dia] adalah ketika dia masuk di Anfield dan mencetak gol untuk Salzburg. Dia sangat cepat, agresif, sangat langsung. Ini sedikit mirip dengan cara bermain Jamie Vardy, tetapi Haaland mungkin sedikit lebih kuat dari Vardy," kata dia.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement