Sabtu 15 Apr 2023 22:41 WIB

Persija Finis Runner-up Liga 1, Usai Bekuk PSS 5-0

Michael Krmencik mencetak hattrick untuk Persija dalam kemenangan 5-0.

Rep: Fitriyanto/ Red: Israr Itah
Pesepak  bola Persija Jakarta Michael Krmencik  (tengah)
Foto: ANTARA FOTO/Fakhri Hermansyah
Pesepak bola Persija Jakarta Michael Krmencik (tengah)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Persija Jakarta akhirnya mengunci posisi dua klasemen akhir BRI Liga 1 musim 2022-2023. Setelah di laga pamungkas yang berlangsung Sabtu (15/4/2023) di Stadion Utama GBK Senayan Jakarta mengalahkan PSS Sleman dengan skor telak 5-0.

Hasil ini membuat tim asuhan Thomas Doll total mengoleksi nilai 66 dari 34 pertandingan. Di luar dugaan pesaing utama memperebutkan posisi runner-up Persib Bandung justru takluk 1-4 di kandang sendiri dari Persikabo 1973 di waktu yang sama. Hasil ini Persib hanya mengoleksi nilai 62 dan harus puas posisi tiga klasemen akhir.

Baca Juga

Bagi Persija torehan 66 poin hasil dari 20 menang 6 imbang dan 8 kalah dan menempati posisi dua musim ini merupakan peningkatan yang signifikan dibanding musim sebelumnya.  Tim kebanggaan warga Ibu Kota ini musim lalu posisi 8 dengan nilai 46 hasil dari 11 menang, 12 imbang dan 11 kali menelan kekalahan.

Sedangkan Persib Bandung turun satu peringkat dari musim lalu. Tahun lalu Persib menempati peringkat dua klasemen akhir dengan nilai 69 hasil dari 20 menang 9 imbang dan 5 kalah.

Michael Krmencik mencetak hattrick untuk Persija lewat gol pada menit ke-2,  menit ke-26 dan menit 93, gol lainnya dicetak Witan Sulaeman melalui tendangan pinalti pada menit ke-48 dan Aji Kusuma pada menit 88.

Striker Persija yang juga andalan timnas Republik Ceko, tak perlu waktu lama untuk membawa tim asuhan Thomas Doll ini untuk mencetak gol. Hanya dua menit laga berjalan, Krmencik membobol gawang PSS yang dikawal M. Ridwan. Meneruskan umpang Witan Sulaeman, membuat nama Krmencik menghiasi papan skor Persija unggul 1-0.

Gol kedua Krmencik dicetak menit 26 melalui sundulan kepala. Sebuah umpan lambung yang matang dari Rio Fahmi dari sisi kiri pertahanan PSS tak disia-siakan pemain bernomor punggung 27 ini. Persija unggul 2-0 babak pertama usai.

Peluit babak kedua dimulai Persija walau unggul 2-0 langsung tampil menekan PSS. Belum dua menit, Riko lolos dan melepaskan umpan yang disambut Krmencik, setelah menggiring striker berkepala pelontos ini  ditekel Purwaka, membuat Persija mendapat pinalti. 

Witan Sulaeman yang dipercaya menjadi algojo, tendangan kaki kirinya bola masih ditahan kiper PSS, namun bola rebound tepat ke arah Witan yang langsung mencocor bola lagi membobol gawang PSS, 3-0 Persija memimpin.

Menit 64 Persija nyaris memperbesar keunggulan, sayang tendangan keras Hudela ke gawang PSS masih mengenai kaki pemain belakang PSS sehingga hanya menyebabkan tendangan pojok untuk Persija.

Menit 84 kiper yang juga kapten Persija Andritany digantikan oleh Cahya Supriadi.

Aji Kusuma menit 88 membawa Persija unggul 4-0. Bermula dari serangan balik, Riko Simanjuntak dengan cepat menerobos pertahan PSS dan memberi umpan kepada Aji, yang dengan tenang menaklukan kiper PSS untuk keempat kalinya dalam laga ini.

Gol kelima dicetak Krmencik pada menit 93, gol hattricknya kali ini menjadi gol ke-10 pemain Republik Ceko musim ini. Gol hasil dari umpan terobosan Riko Simanjuntak. Ini juga gol terakhir dalam laga ini, yang membuat Persija menang telak 5-0.

Juara BRI Liga 1 musim ini diraih PSM Makasar yang hingga laga ke-33 mengoleksi nilai 72.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement